Jakarta (ANTARA) - Sekretaris Jendral DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengungkapkan Ketua Umum DPP PDI Perjuangan, Prof Dr (HC) Megawati Soekarnoputri beserta seluruh keluarga besar PDI Perjuangan berduka cita yang mendalam atas wafatnya Prof Dr Hamka Haq.

Beliau meninggal dunia di usia 71 tahun setelah dirawat selama beberapa waktu di RS Siloam Jakarta.

"Kabar wafatnya Prof Hamka Haq membuat kami sangat sedih, berduka, dan begitu Ibu Megawati mendengar kabar itu, langsung mengajak semua berhenti sejenak dan mendoakan agar almarhum diampuni segala dosanya dan mendapat tempat terbaik di sisi Allah SWT," ujar Hasto dalam keterangannya disiarkan di Jakarta, Kamis.

Hasto mengungkapkan Prof Hamka Haq adalah seorang pejuang bangsa dan negara serta pejuang partai yang selalu teguh dalam menjaga, mengawal, serta melestarikan nilai-nilai berketuhanan yang berkebudayaan, ketuhanan yang berbudi pekerti luhur sesuai Pancasila.

Prof Hamka adalah salah satu tokoh yang merancang berdirinya ormas sayap Islam untuk PDI Perjuangan Baitul Muslimin Indonesia (Bamusi) di Maret 2007.

"Prof Hamka Haq adalah sosok yang selalu mendalami dan mewartakan api perjuangan keislaman Proklamator RI, Ir.Soekarno, sebagai sosok pemimpin yang nasionalis sekaligus religius," ujar Hasto.

Sebagai Ketua DPP PDI Perjuangan Bidang Keagamaan dan Kepercayaan kepada Tuhan YME, Prof Hamka Haq selalu memperjuangkan nilai-nilai kebenaran, persamaan hak, dan pluralisme dalam setiap lini kehidupan.

Menurutnya, beliau adalah sosok pemikir Islam yang sejak awal berani mendukung pemikiran bahwa pemimpin perempuan itu halal, dan pemimpin dari non-Muslim itu dibolehkan.

Prof.Hamka adalah seorang pejuang demokrasi. Saat masih aktif di kampus di Makassar, Prof.Hamka yang berani di garda terdepan mendampingi gerakan mahasiswa tahun 1998 yang berdemo untuk menuntut mundurmya Soeharto.

Prof. Hamka sosok intelektual yang mampu memadukan gagasan Bung Karno dengan Islam. Beliau sosok yang rendah hati. Buku-bukunya banyak menginspirasi. Kami sungguh bersedih dan sangat kehilangan. Partai memberikan penghormatan terbaik pada almarhum melalui protokol Partai.

"Semoga Allah SWT memberikan almarhum husnul khotimah. Kita semua tentu saja mendoakan agar keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan, kesabaran dan keikhlasan atas wafatnya almarhum," ujar Hasto.

Baca juga: PDIP Surabaya: Hamka Haq tokoh agama moderat

Pewarta: Devi Nindy Sari Ramadhan
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2023