Jayapura (ANTARA) - Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menyatakan bahwa TNI siap membantu mendistribusikan logistik Pemilu 2024 di Tanah Papua.

TNI akan membantu pendistribusian logistik hingga pengamanan di tempat pemungutan suara (TPS) berkolaborasi dengan Polri, Bawaslu dan KPU yang ada di daerah itu.

"Baru saja kita bersama-sama menyaksikan deklarasi damai Pemilu 2024 yang dinyatakan perwakilan elemen masyarakat yang ada di Tanah Papua, " kata Jenderal TNI Agus Subiyanto di Jayapura, Papua, Jumat sore.

Menurut Agus, dengan dilakukannya deklarasi damai tersebut diharapkan pelaksanaan Pemilu 2024 di Tanah Papua berjalan damai dan aman.

Ketika ditanya terkait masih adanya sejumlah daerah di Papua yang rawan gangguan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB), Panglima TNI menyatakan pihaknya tetap mengedepankan pendekatan soft approach melalui operasi teritorial.

Dia mengatakan melalui operasi teritorial diharapkan dapat mempercepat pembangunan di Tanah Papua mengingat wilayah ini diberikan anggaran yang sangat tinggi tetapi masih ada kesenjangan sosial di masyarakat.

Panglima menegaskan bahwa keberadaan TNI di Papua adalah untuk membantu program pemerintah yang bertujuan untuk mensejahterakan masyarakat.

"TNI akan berkolaborasi dengan instansi lain seperti Polri dan kementerian serta instansi lain untuk menangani hal tersebut, " kata Jenderal TNI Agus Subiyanto didampingi Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo.

Sebelumnya Panglima TNI bersama Kapolri melakukan pertemuan dengan anggota TNI-Polri yang dipusatkan di Makodam XVII Cenderawasih di Polimak, Kota Jayapura.

Baca juga: Panglima: TNI kedepankan operasi teritorial hadapi KKB di Papua
Baca juga: TNI-Polri manfaatkan teknologi dalam operasi keamanan di Papua
Baca juga: TNI-Polri agendakan patroli bersama kawal Pemilu 2024

 

Pewarta: Evarukdijati
Editor: Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2023