Empat kampung di Desa Purwabakti terdampak gempa bumi, yakni Cigarehong, Padajaya, Padajembar, dan Kampung Cimapag
Kabupaten Bogor (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor, Jawa Barat, mencatat sebanyak 14 rumah di Desa Purwabakti, Pamijahan, Bogor, mengalami kerusakan akibat guncangan gempa.
 
Staf Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Bogor Jalaludin di Cibinong, Bogor, Jumat, mengungkapkan gempa berkekuatan magnitudo 4,3 terjadi pada Jumat (8/12) pukul 02.00 WIB dini hari.

Baca juga: BMKG: Gempa dangkal M5,4 guncang barat laut Pulau Karatung, Sulut

Ia menjelaskan, empat kampung di Desa Purwabakti terdampak gempa bumi, yakni Cigarehong, Padajaya, Padajembar, dan Kampung Cimapag.

Namun, peristiwa 14 rumah rusak hanya terjadi di dua kampung yakni Kampung Cigarehong sebanyak 7 unit rumah yang dihuni 7 KK/21 jiwa, dan Kampung Padajaya 7 unit rumah yang dihuni 7KK/31 jiwa.

Baca juga: BMKG: Gempa dangkal magnitudo 5,0 guncang Halmahera Selatan pagi ini
 
Kondisi rumah rusak akibat gempa bumi di Desa Purwabakti, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jumat (8/12/2023). (ANTARA/HO-BPBD Kabupaten Bogor)

"Total 14 unit rumah (rusak), dihuni 14 KK/52 jiwa," ungkap Jalal.

Gempa bumi ini juga berdampak pada sejumlah fasilitas umum seperti Musala Al Istikomah di Kampung Cigarehong, dan Musala Al Falah di Kampung Padajaya.

Meski tidak ditemukan korban jiwa, gempa bumi yang mengakibatkan retakan dan dinding-dinding rumah roboh ini berpotensi mengakibatkan pergeseran tanah hingga tanah longsor.

Jalal menyebutkan, hingga kini tim BPBD Kabupaten Bogor masih melakukan kaji cepat di lokasi yang terdampak gempa. Titik lokasi yang terdampak jaraknya berjauhan.

Baca juga: Gempa M5,4 guncang wilayah Morotai dipicu Lempeng Laut Filipina
 

Pewarta: M Fikri Setiawan
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2023