Banjarmasin (ANTARA) - Perum Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) ANTARA Biro Kalimantan Selatan berhasil mengumpulkan sebanyak 100 kantong darah saat bakti kesehatan di Banjarmasin dalam rangkaian menyambut HUT ke-86 ANTARA yang diperingati 13 Desember 2023.

"Alhamdulilah antusias masyarakat sangat tinggi untuk mendonorkan darahnya, padahal target awal hanya 50 orang ternyata bisa tembus 100 orang," kata Kepala ANTARA Biro Kalimantan Selatan Taufik Ridwan di Banjarmasin, Jumat.

Baca juga: PMI Lampung: Optimalkan NAAT cegah infeksi menular di transfusi darah

Acara yang dipusatkan di Masjid Muhammadiyah Al-Muhajirin Jalan HKSN Raya Kuin Utara, Kota Banjarmasin itu didukung sepenuhnya Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Banjarmasin.

Selain donor darah, petugas medis PMI juga melayani pemeriksaan kesehatan gratis bagi masyarakat.
Kepala ANTARA Biro Kalimantan Selatan Taufik Ridwan menyerahkan paket bantuan bagi pengurus Masjid Muhammadiyah Al-Muhajirin yang diwakili Ketua PCM 13 Banjarmasin Muhdar. (ANTARA/Firman)


Baca juga: PMI: Terjadi peningkatan kesadaran donor darah warga Kota Jayapura

Taufik mengatakan perayaan HUT ANTARA kali ini pihaknya lebih mengedepankan kegiatan kemanusiaan dengan berbagi ke masyarakat lewat bakti sosial dan bakti kesehatan.

Direncanakan pada 16 Desember 2023 dilaksanakan khitanan massal dengan target 50 anak dan 18 Desember 2023 pembagian paket sembako bagi warga kurang mampu di sekitar kantor ANTARA Biro Kalimantan Selatan di Jalan Brigjen H Hasan Basry Banjarmasin.

Sementara Ketua Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) 13 Banjarmasin Muhdar menyampaikan terima kasih kepada ANTARA yang telah melaksanakan donor darah dan layanan kesehatan gratis bagi masyarakat di sekitar Masjid Muhammadiyah Al-Muhajirin.

"Tentunya kegiatan ini sangat positif, apalagi jamaah sangat terbantu sembari beribadah shalat bisa sekalian donor dan mendapatkan paket bantuan dari ANTARA," ucapnya.

Baca juga: PMI adakan donor darah di Kembangan guna penuhi kebutuhan darah DKI

Pewarta: Firman
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2023