Yogyakarta (ANTARA) - KAI Daop 6 Yogyakarta melakukan antisipasi potensi gangguan perjalanan kereta api (KA) menjelang Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

"Kami sudah mempersiapkan sarana dan prasarana untuk bisa menjadi kelancaran dan keselamatan perjalanan kereta api," kata Manajer Humas Daop 6 Yogyakarta Krisbiyantoro di Yogyakarta, Jumat.

Dia menyebut kondisi jalur KA relatif aman, meskipun tetap perlu dilakukan pengecekan berkala pada setiap jalur perlintasan KA.

"Kalau wilayah selatan bagus kondisinya, termasuk di Kalimenur saat ini juga sudah maksimal bisa di kecepatan 80 km per jam," ungkapnya.

Peristiwa kecelakaan KA di jalur Kalimenur, Kecamatan Sentolo, Kabupaten Kulon Progo, kata dia, menjadi catatan sebab peristiwa itu berimbas pada perjalanan hampir semua KA.

Krisbiyantoro mengatakan dari segi prasarana juga dipersiapkan apabila terjadi situasi darurat maka ala alarm material untuk siaga tersebut ditempatkan di stasiun-stasiun besar di wilayah Daop 6 Yogyakarta.

"Itu kami tempatkan di titik-titik stasiun stasiun besar yang berisi semacam bantalan beton, bantalan kayu juga, peranca termasuk kantong kantong plastik yang digunakan untuk isi pasir. Seperti itu untuk darurat kami sudah persiapkan," kata dia.
Baca juga: KAI gelar inspeksi kesiapan perjalanan KA jelang Natal & Tahun Baru
Baca juga: Daop 8 Surabaya tambah enam kereta api jelang Natal-Tahun Baru
Baca juga: Daop 8 Surabaya cek jalur Gubeng-Malang jelang Natal dan Tahun Baru

 

Pewarta: Luqman Hakim
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2023