Ini bukan sekadar peta biasa karena di dalamnya kami perkaya dengan informasi yang terkait pariwisata dan pendukungnya."
Jakarta (ANTARA News) - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) segera mendistribusikan puluhan ribu peta jalur mudik yang dilengkapi dengan paket-paket wisata yang bisa dikunjungi sepanjang jalur mudik.

"Kami bersinergi dengan beberapa pihak seperti CBN.net untuk menyusun peta mudik wisata ini," kata Direktur Jenderal Pemasaran Pariwisata Kemenparekraf Esthy Reko Astuty di Jakarta, Jumat.

Ia mengatakan, pihaknya akan mencetak lebih dari 50.000 peta mudik wisata yang akan didistribusikan di tempat-tempat publik seperti pintu masuk tol, terminal, pelabuhan, mall-mall, dan lain-lain.

Peta tersebut, kata dia, bisa didapatkan masyarakat secara gratis tempat-tempat umum, kantor Kemenparekraf, sekaligus sepanjang jalur mudik.

"Ini bukan sekadar peta biasa karena di dalamnya kami perkaya dengan informasi yang terkait pariwisata dan pendukungnya seperti tempat wisata, hotel, dan restoran sekaligus paket wisata yang bisa dipilih," katanya.

Pihaknya berharap peta tersebut bisa sekaligus menjadi sarana promosi bagi destinasi-destinasi wisata di sepanjang jalur mudik sehingga lebih banyak dikunjungi wisatawan.

Selain itu, penawaran paket-paket di dalamnya juga diharapkan dapat memobilisasi masyarakat untuk menikmati tujuan-tujuan wisata favorit tanpa kesulitan.

Keberadaan peta mudik itu diharapkan akan mampu memberikan informasi mengenai jalur dan obyek wisata sekaligus memenuhi kebutuhan informasi masyarakat.

Pewarta: Hanni Sofia
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2013