Jakarta (ANTARA) - Kampanye calon presiden dan wakil presiden 2024 pada hari kesebelas, Jumat (8/12) dimanfaatkan para pasangan calon untuk lebih melekat dan turun ke bawah guna mendapatkan hati masyarakat Indonesia dari dalam hingga luar negeri.

Pasangan calon presiden dan calon wakil presiden nomor urut 1 Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar menyebar di dua tempat, Anies di Jakarta sementara Muhaimin di Sumatera Utara.

Sementara itu, calon presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto di Jakarta bertemu relawan, sedangkan calon wakil presiden Gibran Rakabuming Raka berada di Kota Surakarta, Jawa Tengah.

Berikutnya, pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo dan Mahfud MD, adapun Ganjar berada di Jakarta, sedangkan Mahfud di Malaysia.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, sebelum pemungutan suara pada hari Rabu, 14 Februari 2024. Berikut rangkuman kegiatan tiga pasangan calon presiden dan wakil presiden pada hari ketujuh kampanye untuk kembali Anda simak.

Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar

Calon presiden nomor urut satu Anies Baswedan mengunjungi Kota Cirebon, Jawa Barat bersama istri Fery Farhati. Di kota tersebut, tidak ada agenda kampanye khusus.

Anies dan istri menyantap nasi lengko sembari bernostalgia. Anies di saat yang sama, juga menemui para relawan di kota itu.

Sementara Muhaimin Iskandar tidak ada agenda kampanye apapun pada hari itu.

Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka

Kegiatan calon presiden nomor urut dua, Prabowo Subianto melibatkan ribuan orang yang menunggu di sepanjang Tanggul Kalibaru.

Prabowo menghadiri acara Makan Besar bersama konten kreator Bobon Santoso dan Konco Prabowo (Kopra) beserta masyarakat di Kali Baru, Cilincing, Jakarta Utara.

Di acara tersebut, Prabowo tidak banyak berkomentar maupun berpidato. Ia meyakini keinginan masyarakat yang hadir saat kampanye itu lebih tinggi untuk berpesta musik dan makanan daripada mendengar pidato.

Selanjutnya, Prabowo menerima deklarasi dukungan Relawan Pedagang Indonesia Maju (RAPIM) di Djakarta Theater, Jakarta, Jumat. RAPIM mendeklarasikan dukungan untuk memenangkan pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka dalam satu putaran Pilpres 2024.

Prabowo mengatakan pedagang merupakan salah satu kunci keberhasilan suatu bangsa dan negara karena mengingat para pejuang bangsa di bidang ekonomi saat masa perebutan kemerdekaan.

Selain itu, calon wakil presiden Gibran Rakabuming Raka berkantor sebagai Wali Kota Surakarta. Ketika diwawancara, ia menginginkan adanya keselarasan antara lulusan sekolah menengah kejuruan (SMK) dengan kebutuhan industri, sebagai solusi terkait masalah pengangguran yang didominasi lulusan SMK.

Ganjar Pranowo-Mahfud MD

Calon presiden nomor urut tiga, Ganjar Pranowo menerima deklarasi dukungan dari pengusaha yang tergabung dalam Program Gotong Royong untuk Ekonomi Sejahtera dan Inklusif (Progresif) di Jakarta. Ganjar menyebut relawan Progresif sebagai bagian integral dari tim Ganjar-Mahfud dalam upaya penyelesaian masalah ekonomi di Indonesia.

Selain itu, Ganjar mengatakan siap mengembangkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang terjangkau dan program Kredit Lapak untuk pelaku UMKM jika terpilih memenangi Pilpres 2024.

Di lokasi berikutnya, Ganjar mengajak semua pihak dan seluruh elemen masyarakat untuk menjaga situasi yang kondusif, sehingga pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 berjalan aman dan damai, setelah mengisi acara kuliah kebangsaan kepada ratusan mahasiswa di Universitas Muhammadiyah Cirebon (UMC), Jawa Barat.

Sementara, calon presiden Mahfud MD mendekatkan diri pada WNI yang bekerja di Malaysia. Mahfud makan bersama di Warung Bintang 9 Malaysia, Jumat.

Selanjutnya, Mahfud MD berkampanye di depan pekerja migran Indonesia di Kuala Lumpur, Malaysia. Mahfud bertekad untuk memperkuat perlindungan tenaga kerja Indonesia di Malaysia dan bisa mendapatkan perlindungan hukum di Negeri Jiran.

Dalam kunjungan tersebut Mahfud juga mengadakan pertemuan dengan pejabat bidang ketenagakerjaan Malaysia soal tenaga kerja asal Malaysia di Indonesia. Meski memfasilitasi pekerja migran, Mahfud menegaskan bahwa prioritas pemerintah adalah menciptakan lapangan kerja yang memadai di dalam negeri.
Mahfud juga menegaskan dirinya bukan berkampanye politik, namun mengampanyekan kenegaraan dalam eksistensi dan kejayaan Negara Kesatuan Republik Indonesia melalui pemilu yang bermartabat.

Oleh karena itu Mahfud mengajak seluruh pekerja migran untuk menggunakan hak pilihnya pada 14 Februari 2023 dan memilih wakil rakyat yang bisa menyalurkan aspirasi masyarakat menjadi legislasi dan yang sejalan visi dan misinya.
 

Pewarta: Devi Nindy Sari Ramadhan
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2023