Jakarta (ANTARA) - Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), Bintang Puspayoga mengatakan jaminan keamanan dan keselamatan masyarakat maupun wisatawan, terutama perempuan dan anak, di daerah wisata harus menjadi prioritas utama bagi pemerintah maupun sektor swasta.

"Menciptakan suasana aman dan nyaman serta menjaga keselamatan bersama merupakan tanggung jawab seluruh lapisan masyarakat," kata Menteri Bintang Puspayoga dalam keterangan di Jakarta, Sabtu.

Baca juga: Menteri PPPA: Keamanan moda transportasi penting bagi perempuan-wisman

Terlebih, katanya, dengan berbagai tantangan, seperti potensi terjadinya kekerasan seksual, jaminan keamanan dan keselamatan menjadi syarat mutlak yang harus terpenuhi.

Bintang Puspayoga menyambut baik diresmikannya Pusat Keamanan dan Keselamatan bagi Wisatawan Grab Indonesia di Bali.

Pihaknya berharap terobosan dan inovasi untuk meningkatkan pelayanan tersebut dapat memberikan rasa aman, nyaman, dan keselamatan bagi para penggunanya, khususnya di daerah pariwisata.

"Kehadiran laman Pusat Keamanan dan Keselamatan bagi wisatawan pada aplikasi Grab sebagai pusat informasi merupakan wujud nyata dari suatu komitmen, kolaborasi, dan kerja sama yang terbangun antara pemerintah dan swasta dalam menciptakan ekosistem pariwisata yang aman dan nyaman," katanya.

Baca juga: Menteri PPPA ajak konten kreator ramaikan konten ramah anak

Baca juga: Menteri PPPA: Ketidakadilan pada perempuan masih terjadi dalam hukum


Kementerian PPPA dan Grab berkomitmen untuk mencegah terjadinya kekerasan seksual serta menekan angka kekerasan seksual di moda transportasi daring di Indonesia.

Kerja sama dan kolaborasi kedua belah pihak terus diselenggarakan secara berkelanjutan, dimulai dari edukasi kepada mitra Grab Indonesia melalui Pelatihan Akbar Keselamatan untuk Mitra (PAKEM) hingga menyasar konsumen melalui Pusat Keamanan dan Keselamatan bagi Wisatawan.

Pewarta: Anita Permata Dewi
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2023