Jakarta (ANTARA) - Relawan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka (Praka), siap memenangkan pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 2 itu pada Pemilu 2024.

"Sebagai organisasi dari Mas Gibran, kami yang akan berjuang memenangkannya bersama Pak Prabowo," kata Ketua Umum Praka, Osco Olfriady Letunggamu, dalam keterangan tertulis di Jakarta, Sabtu.

Penegasan itu disampaikan Osco saat melantik dan mengukuhkan Praka Jawa Timur di Kabupaten Pacitan, Jumat (8/12) malam. Osco menjelaskan, Praka berasal dari kata Pro dan Raka. Pro berarti memihak atau mendukung dan Raka dalam Bahasa Jawa bermakna kakak laki-laki.

Politikus Demokrat itu menyatakan sejarah Indonesia tidak dapat dipisahkan dari anak muda. Negara ini akan maju, jika anak mudanya bersatu. Sementara salah calon wakil presiden Gibran Rakabuming berumur sangat muda.

"Mas Gibran itu 36 tahun. Produk Demokrasi bukan produk kerajaan atau dinasti," ujarnya.

Kata Osco, Gibran menjadi Wali Kota Solo merupakan hasil pilihan masyarakat di Kota Solo. Bukan wakil wali kota atau pun menggantikan wali kota.

Menurut dia, terkadang anak muda berpikir tidak bisa, tidak mampu berkontribusi untuk negeri, padahal itu pemikiran yang salah, karena ternyata bangsa Indonesia bisa merdeka dan NKRI itu terbentuk karena pemuda.

Lanjut dia, ada sosok Capres Prabowo Subianto yang mempunyai cita-cita untuk membesarkan bangsa dan mempertahankan kedaulatan bangsa Indonesia.

"Kami mendorong partisipasi kalangan muda di seluruh daerah untuk bergerak bersama. Praka ini memberi ruang besar untuk mengenalkan sosok Prabowo dan Gibran," jelasnya.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada hari Senin, 13 November 2023, menetapkan tiga bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.

Hasil pengundian dan penetapan nomor urut peserta Pilpres 2024 pada hari Selasa, 14 November 2023, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Pewarta: Fauzi
Editor: Edy M Yakub
Copyright © ANTARA 2023