Bantuan tersebut diberikan dalam rangka menjalin hubungan erat dan dekat dengan masyarakat serta mengajak untuk mewujudkan Pemilihan Umum (Pemilu) Serentak 2024 yang aman dan damai.
Jakarta (ANTARA) - Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo dan Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto memberikan bantuan kesehatan dan bakti sosial gratis di Maluku.

Bantuan tersebut diberikan dalam rangka menjalin hubungan erat dan dekat dengan masyarakat serta mengajak untuk mewujudkan Pemilihan Umum (Pemilu) Serentak 2024 yang aman dan damai.

“Ini wujud Polri dan TNI untuk semakin dekat dengan masyarakat. Di saat agenda nasional Pemilu 2024 tengah berjalan, Polri dan TNI berupaya membantu masyarakat dengan bantuan kesehatan dan baksos agar mereka tidak terpengaruh politik uang,” kata Kadiv Humas Polri Irjen. Pol. Sandi Nugroho dalam keterangannya di Jakarta, Sabtu.

Sandi menjelaskan bahwa bantuan kesehatan dan bakti sosial tersebut diselenggarakan di Polda Maluku dan diterima oleh sejumlah perwakilan masyarakat.

Bantuan sosial itu kata Sandi, diberikan kepada 1.000 orang dan diharapkan dapat meringankan beban masyarakat serta menambah semangat untuk berpartisipasi dalam pesta demokrasi tahun depan.

Menurut dia, bakti kesehatan diikuti oleh 1.000 orang. Ia menjelaskan bahwa sebanyak 144 tenaga medis dikerahkan dari unsur TNI, Polri, dan Dinas Kesehatan Kota Ambon, Maluku untuk memberikan pelayanan.

“Untuk bakti kesehatan diberikan secara gratis pelayanan poli umum, THT, gigi dan mulut, dan mata. Ada juga pelayanan pemberian vitamin kepada anak, pemeriksaan golongan darah, konsultasi KB, khitanan, serta pemberian KIS/BPJS,” jelas Sandi.

Diketahui, Kapolri dan Panglima TNI tengah melakukan kunjungan kerja di Maluku pada Sabtu. Keduanya melakukan peresmian dua fasilitas umum Polda Maluku, menghadiri deklarasi damai, dan melakukan kegiatan sosial.

Terkait Pemilu 2024, Kapolri dan Panglima TNI juga telah menandatangani Deklarasi Komitmen Netralitas TNI-Polri dalam Penyelenggaraan Pemilu 2024 di Jakarta, Senin (27/11).

Keduanya meneken deklarasi tersebut dengan didampingi oleh Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Rahmat Bagja beserta anggota dalam acara Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu).

Baca juga: Panglima TNI dan Kapolri hadiri bakti kesehatan di Papua
Baca juga: Kapolri dan Panglima TNI komitmen kawal pemilu aman dan damai

Pewarta: Fath Putra Mulya
Editor: Imam Budilaksono
Copyright © ANTARA 2023