Jakarta (ANTARA) - Pengamat ekonomi dan bisnis Izaac Tony Matitaputty menilai Pertamina sudah melakukan distribusi BBM dan LPG dengan baik di Indonesia

Menurut dia kondisi demikian menunjukkan kinerja operasional BUMN energi itu melalui Sub Holding Commercial & Trading juga semakin meningkat pada usia perusahaan ke-66.

"Distribusi dan harga sudah baik. Pasokan juga terjamin. Ini menunjukkan bahwa Pertamina memang meningkat dan tidak ada masalah secara operasional," kata Izaac melalui telepon, Sabtu.

Lancarnya distribusi, lanjutnya tidak hanya terjadi di Pulau Jawa dan kota-kota besar tetapi juga hampir di seluruh Indonesia, termasuk bagian timur, di Maluku misalnya, masyarakat semakin banyak pilihan untuk mendapat BBM, termasuk juga LPG.

"Kelangkaan sudah jarang terdengar. Bahkan saat ini menjelang libur Natal dan Tahun Baru," kata dia.

Dikatakannya lancarnya pasokan BBM oleh Pertamina harus disikapi positif apalagi tidak mudah melakukan distribusi ke seluruh wilayah Indonesia yang begitu luas. Tidak hanya harus menjangkau pulau-pulau terpencil tetapi juga wilayah pegunungan dan pedalaman yang sulit dijangkau.

"Makanya, kondisi saat ini sudah memperlihatkan bahwa distribusi Pertamina sudah bagus, harga juga bagus. Kalau pun ada yang harus dibenahi, adalah mengurangi antrean di SPBU," katanya.

Tingginya aktivitas distribusi, tambahnya, juga terlihat dari aktivitas truk-truk pembawa BBM yang meningkat frekuensinya ke SPBU-SPBU.

Menurut Izaac selain BBM, distribusi LPG oleh Pertamina juga baik, sehingga lancarnya pasokan BBM dan LPG, tentu berdampak positif terhadap perputaran roda ekonomi.

"Mobilitas masyarakat juga meningkat, terlebih saat ini semakin banyak masyarakat memiliki kendaraan bermotor. Efek domino terhadap roda ekonomi luar biasa," katanya.

Baca juga: Pertamina meraih peringkat ESG nomor satu dunia
Baca juga: BPH Migas gandeng TNI dan BIN awasi distribusi BBM bersubsidi
Baca juga: Bantu Distribusi BBM ke Pelosok Negeri, BPH Migas Apresiasi Peran Hiswana Migas

 

Pewarta: Subagyo
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2023