Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menggandeng 
hotel berbintang lima untuk memasarkan produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Kepala Biro Kerja Sama Daerah Sekretariat Daerah (Setda) DKI Jakarta, Marulina Dewi Mutiara mengatakan, pihaknya ingin UMKM binaan Pemprov DKI Jakarta bisa naik ke level "bintang lima".

Salah satunya bekerjasama dengan hotel berbintang lima. "Sebenarnya ini adalah ide untuk menunjukkan Jakarta ke level 'high end' (tinggi), salah satunya di hotel bintang lima," katanya saat "Opening Ceremony Discover Jakarta Showcase" di Jakarta, Sabtu.

Marulina mengatakan, kegiatan tersebut dilaksanakan selama satu bulan lebih, dari 25 November sampai 28 Desember 2023.

"Kegiatan ini sangat 'high session' (musim ramai), karena kan lagi liburan Natal dan tahun baru. Jadi ini salah satu keuntungan untuk UMKM Jakarta," ungkap Marulina.

Baca juga: Bapemperda DKI dorong UMKM beromzet Rp1,3 juta per hari bebas pajak
Baca juga: DKI akan tingkatkan industri lokal dalam pengadaan barang dan jasa

Jumpa pers Opening Ceremony Discover Jakarta Showcase di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, Sabtu (9/12/2023). ANTARA/Risky Syukur
Selain UMKM, selama satu bulan tersebut diselenggarakan serangkaian kegiatan dari museum-museum di DKI Jakarta dan pertunjukan seni berbasis budaya di lobi-lobi hotel.

"Di sini ada 32 UMKM yang memasarkan produknya. 20 UMKM binaan Parekraf dan juga 12 UMKM binaan Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (PPKUKM) DKI, totalnya 32," kata Marulina.

Adapun jumlah tersebut diganti setiap minggunya. "Tetapi itu kita gilir. Setiap minggu ada perubahan. Karena ada empat minggu ya, jadi jumlahnya bisa dikali empat," kata Marulina.

Kepala Dinas (Kadis) PPKUKM DKI Jakarta, Elisabeth Ratu Rante berharap kegiatan tersebut dapat berlanjut untuk kepentingan UMKM binaan.

"Kami harapkan kerja sama ini ke depan tetap berlanjut dan bisa juga dicontoh oleh hotel-hotel bintang lima lainnya di Jakarta," kata Ratu.

Tujuan utama kerja sama tersebut adalah menunjukkan komitmen untuk mendukung perkembangan UMKM di Jakarta. 

 

Pewarta: Redemptus Elyonai Risky Syukur
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2023