Saya mengundang seluruh masyarakat, jika ingin mengakses program ini maka bisa diakses langsung ke Bizhub Kemnaker.go.id
Jakarta (ANTARA) - Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah menyampaikan bahwa Program Tenaga Kerja Mandiri (TKM) terbuka bagi masyarakat umum untuk mendapatkan bantuan usaha.

"Saya mengundang seluruh masyarakat, jika ingin mengakses program ini maka bisa diakses langsung ke Bizhub Kemnaker.go.id. Bapak ibu semua bisa berkumpul dalam satu kelompok, kemudian apply ke Bizhub Kementerian Ketenagakerjaan," ujar Menaker Ida Fauziyah dalam keterangannya di Jakarta, Minggu.

Pada Festival TKM Expo 2023 di Jakarta, Sabtu (9/12) malam, Menaker mengatakan salah satu tugas Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) adalah memperluas kesempatan kerja.

Dalam memperluas pasar kerja, kata Ida Fauziyah, Kemnaker memfasilitasi masyarakat untuk bisa bekerja dan menjadi pelaku usaha mandiri.

"Jadi lewat Program TKM ini kami menyiapkan menjadi wirausahawan, kami dampingi, kemudian ada bantuan modal, setelah mereka berkumpul dalam satu kelompok. Kami harapkan mereka mandiri menjadi wirausahawan," tutur Menaker.

Baca juga: Kemnaker perkuat jejaring kemitraan pelaku usaha melalui TKM Expo

Ia menambahkan di Indonesia secara umum jumlah pekerja mandiri atau informal lebih besar dibandingkan jumlah pekerja formal. Melihat kondisi tersebut, lanjutnya, pihaknya terus mengajak pekerja informal agar mengajukan bantuan ke Kemnaker.

"Kemnaker melalui Program TKM memfasilitasi kepada pekerja informal atau mandiri agar masyarakat yang ingin bekerja secara mandiri dapat difasilitasi. Program ini tersebar dari Sabang sampai Merauke," ucap Menaker Ida Fauziyah.

Ia mengatakan bahwa tidak sedikit dari kelompok yang masa awal-awal Program TKM banyak yang usahanya berkembang dan mampu mempekerjakan banyak pekerja. Setelah kondisi usahanya berkembang, Kemnaker bisa memberikan bantuan kembali melalui TKM lanjutan.

"Kami pertemukan mereka dengan buyer, dengan investor, dengan perbankan, agar mereka semakin terpacu untuk usahanya lebih mandiri lagi dan semakin banyak yang kami dorong seperti ini akan banyak tenaga kerja baru yang direkrut," ucap Menaker Ida Fauziyah.

Baca juga: Menaker: Program Pelatihan kewirausahaan Kemnaker terbuka bagi UMKM
Baca juga: Kemnaker tingkatkan kapasitas pendamping tenaga kerja mandiri

 

Pewarta: Zubi Mahrofi
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023