Saya menyebutnya seperti bensin tambahan buat semangat kita untuk meningkatkan pemberdayaan masyarakat. Masih banyak potensi yang bisa digarap di daerah kita. Kami berharap ini menjadi semangat buat tim yang akhirnya memberikan tambahan baru buat mas
Jakarta (ANTARA) - Perusahaan tambang batu bara, PT Pesona Khatulistiwa Nusantara (PKN) yang beroperasi di Kalimantan Utara, meraih penghargaan Tamasya Award 2023 dari Direktorat Jenderal Mineral dan Batu Bara, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (KESDM).

Direktur PKN, Rayendra Pradipta mengatakan capaian ini menjadi penyemangat untuk meningkatkan program pengembangan dan pemberdayaan masyarakat (PPM) ke depan.

“Saya menyebutnya seperti bensin tambahan buat semangat kita untuk meningkatkan pemberdayaan masyarakat. Masih banyak potensi yang bisa digarap di daerah kita. Kami berharap ini menjadi semangat buat tim yang akhirnya memberikan tambahan baru buat masyarakat,” kata Rayendra dalam keterangan di Jakarta, Minggu.

Tamasya adalah singkatan dari Tambang Menyejahterakan Masyarakat di mana kegiatannya dimulai dengan bazar pameran UMKM dan penampilan kesenian daerah binaan badan usaha pertambangan minerba.

PT Pesona Khatulistiwa Nusantara pada ajang ini meraih trofi penghargaan kinerja PPM badan usaha pertambangan batu bara skala menengah dengan rentang produksi antara 2-10 juta metrik ton. Program PPM unggulan PKN yang menjadi objek penilaian pada ajang ini adalah pemberdayaan petani kakao di lingkar tambang.

“Salah satu yang kita lakukan terkait community development adalah pengembangan komoditi kakao. Di Indonesia kebutuhan kakao masih besar banget, potensi market nya lumayan besar. Dari total 6 juta kebutuhan ekspor, saat ini baru mampu suplai 1,6 juta ton,” jelas Rayendra.

Petani kakao yang menjadi masyarakat binaan PKN saat ini berjumlah 84 orang di lima desa dengan total luas area mencapai 34 hektare. Di samping mengadakan pembinaan dan pelatihan kepada para petani kakao, PKN juga membangun pabrik coklat untuk menyerap hasil kebun mereka.

“Masyarakat binaan kita saat ini mencapai 84 petani di 5 desa dengan total 34 hektare. Pemasaran bijih masih besar ke pabrik kita. Beberapa distributor dari Berau dan Tarakan juga sudah membeli biji dari kita. Kita juga ada penawaran memasok cokelat ke pabrik coklat di Jawa dan ada kerja sama dengan beberapa pabrik coklat di sana,” ucapnya.

Rayendra menuturkan, ke depan program PPM ini akan terus ditingkatkan termasuk menambah masyarakat binaan dan memperluas area garapan kakao. Di samping itu, pihaknya juga akan mengembangkan program jagung pakan dan cabai sariban.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral, Arifin Tasrif kepada para pemenang Tamasya Award 2023 berharap badan usaha pertambangan mineral dan batu bara dapat mengoptimalkan pelaksanaan program pengembangan dan pemberdayaan masyarakat.

“Kami turut mendorong badan usaha pertambangan mineral dan batu bara untuk dapat mengoptimalkan pelaksanaan PPM yang saat ini terdapat banyak tantangan yang mempengaruhi kinerja dunia pertambangan minerba, seperti adanya konflik lahan, ketergantungan ekonomi masyarakat lingkar tambang, kerusakan lingkungan dan pemanasan global serta tren pemakaian energi bersih ke depan,” kata Arifin Tasrif.

PT PKN adalah perusahaan tambang batu bara pemegang izin PKP2B dengan luas area mencapai 21.875 hektare. Lokasinya terletak di Kabupaten Bulungan, Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara).

Baca juga: KESDM: Pembagian "rice cooker" gratis paling lambat Januari 2024

Baca juga: Menteri ESDM ungkap alasan perpanjangan PT Freeport

Pewarta: Faisal Yunianto
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2023