Samarinda (ANTARA) - Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Timur mengimbau masyarakat agar melengkapi vaksinasi COVID-19 hingga dosis ketiga atau booster untuk mengantisipasi penyebaran penyakit yang disebabkan virus corona itu yang kembali meningkat di beberapa daerah.

Kepala Dinas Kesehatan (DInkes) Kalimantan Timur (Kaltim) dr Jaya Mualimin juga mengimbau masyarakat agar menerapkan protokol kesehatan dan menjaga pola hidup yang sehat, sehingga bisa meningkatkan imunitas tubuh untuk mencegah tertular virus corona.

"Kami harapkan masyarakat yang belum vaksinasi booster agar segera mendatangi klinik terdekat. Jangan lupa menggunakan masker bagi yang sedang sakit, serta tingkatkan daya tahan dan kekebalan tubuh dengan olahraga dan makan minum serta tidur yang cukup," kata Jaya Mualimin di Samarinda, Minggu.

Jaya mengatakan bahwa seperti halnya sejumlah daerah lain di Indonesia, daerah Kaltim juga mengalami peningkatan kasus COVID-19.

Baca juga: Bali ajukan 5.000 vaksin COVID-19 sikapi lonjakan kasus di Singapura

Peningkatan kasus di sejumlah daerah di Kaltim menjadi fokus perhatian bersama pemerintah dan tentunya juga melibatkan partisipasi masyarakat.

"Dengan peningkatan kasus ini kami berharap masyarakat untuk tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan sebagai langkah nyata dalam meminimalkan penyebaran virus corona," kata Jaya.

Ia mengatakan pihaknya berkomitmen merinci secara detail peningkatan kasus yang terjadi serta memberikan wawasan tentang wilayah yang terdampak dan menyampaikan imbauan kepada masyarakat sebagai langkah responsif .

"Kami akan terus memberikan informasi yang komprehensif kepada masyarakat, dengan harapan dapat meningkatkan kesadaran akan pentingnya kolaborasi seluruh pihak sebagai upaya pencegahan penyebaran yang lebih luas," katanya.

Baca juga: Warga usia 50 tahun ke atas harus lengkapi dosis vaksin COVID-19

Diketahui, Kalimantan Timur kembali mencatatkan penambahan kasus positif COVID-19 baru pada Minggu (10/12).

Berdasarkan data harian kasus COVID-19 yang dilaporkan Dinas Kesehatan Provinsi Kaltim, angka kasus positif kembali naik.

Tambahan empat kasus terkonfirmasi positif ditemukan di Kutai Kartanegara dengan dua kasus, Penajam Paser Utara satu kasus, dan Balikpapan satu kasus.

Oleh karena itu, peningkatan kasus COVID-19 di Kalimantan Timur, terutama di Kutai Kartanegara, Penajam Paser Utara, dan Balikpapan menjadi perhatian serius.

Baca juga: Kemenkes sebut kasus mingguan COVID-19 RI meningkat di level aman

Secara keseluruhan jumlah penderita COVID-19 di Kaltim sejak Maret 2020 sebanyak 215.568 orang.
 

Pewarta: Arumanto
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2023