Kota Bandung (ANTARA) - Tuan rumah Persib Bandung menelan kekalahan pertama di kandang dari tim tamu Persik Kediri dengan skor 0-2 pada lanjutan kompetisi Liga 1 2023/2024 di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Bandung, Jabar, Minggu malam.

 

Dua gol kemenangan skuad berjuluk Macan Putih dicetak oleh Renan Silva pada menit ke-49 dan Anderson di menit ke-59.

 

Dengan hasil ini, untuk sementara Persib Bandung harus turun ke peringkat tiga klasemen Liga 1 dengan 39 poin, sementara Persik Kediri naik ke posisi keenam dengan 33 poin. Kedua tim sama-sama telah memainkan 22 pertandingan.

 

Dalam pertandingan tersebut, Persib memainkan punggawa barunya musim ini Kevin Mendoza sebagai kiper yang dimainkan sejak menit awal, yang juga menjadi debutnya diturunkan dalam starting line up.

 

Memulai laga, Persik Kediri dengan menekan sejak menit awal dan mendapatkan berbagai serangan kepada para pemain Persib Bandung.

 

Persik Kediri mendapatkan peluang pertamanya di menit ketujuh, lewat Flavio yang mampu menembus lini pertahanan lawan, namun masih bisa diantisipasi dengan baik oleh Nick Kuippers.

 

Pada menit ke-19 Persik Kediri hampir menjebol gawang Persib Bandung lewat kelengahan lini pertahanan, namun masih bisa diantisipasi dengan baik oleh Kevin Mendoza.

 

Pada menit ke-21 David Da Silva berusaha untuk mengancam gawang Persik dari tendangan jarak jauh tetapi masih bisa diantisipasi dengan baik oleh Dikri Yusron.

 

Menit ke-28 Persik kembali mendapatkan peluang dari Bayu Otto di wilayah pertahanan lawan, tetapi tendangannya masih melebar di kiri gawang Kevin Mendoza.

 

Tiga menit berselang, giliran Persib Bandung mendapatkan peluang dari Ezra Walian lewat tendangan jarak jauh dari luar kotak penalti, namun tendangannya masih belum menemui sasaran.

 

Pada menit ke-34 Maung Bandung kembali mendapatkan peluang emas lewat tendangan keras Marc Klok dari luar kotak penalti. Namun, tendangannya masih tipis diatas mistar gawang Persik.

 

Tiga menit berselang, Renan Da Silva hampir menjebol gawang Persib Bandung dari tendangan luar kotak penalti. Namun, masih bisa diantisipasi dengan baik oleh Kevin Mendoza.

 

Menit ke-43 Persib hampir menjebol gawang Persik lewat tendangan Ezra Walian tetapi tendangan tersebut masih bisa ditepis oleh kiper lawan.

 

Pada menit ke-47 Renan Silva kembali mengancam gawang Persib melalui tendangan dari luar kotak penalti yang masih mampu

 

Hingga menit ke-45 tidak banyak serangan yang berarti dari kedua tim. Persib serta Persik lebih banyak bermain di lini tengah. Skor tidak berubah hingga wasit meniup peluit pertandingan akhir babak pertama.

 

Di awal babak kedua, Persik Kediri mendominasi pertandingan dengan beberapa kali menusuk lini pertahanan tim tamu.

 

Pada menit ke-49 Persik mendapatkan hadiah penalti lewat pelanggaran Kevin Mendoza. Renan yang menjadi eksekutor tendangan, berhasil memanfaatkan menjadi gol. Skor sementara berubah menjadi 0-1 bagi Persik Kediri.

 

Persib Bandung yang tertinggal 0-1 tidak tinggal diam, dengan mencoba beberapa kali menusuk lini pertahanan Persik. Namun, masih bisa diantipasi oleh lini pertahanan yang kokoh dari tim tamu.

 

Menit ke-59 Persik kembali menambah keunggulan lewat tendangan bebas Anderson yang gagal diantisipasi oleh Kevin Mendoza. Skor kembali berubah 0-2.

 

Pada Menit ke-66 Persib mendapatkan peluang emas lewat akselerasi Rezaldi Hehanusa yang memberikan umpan silang kepada Henhen Herdiana. Namun, sundulan Henhen masih melebar di kiri gawang lawan.

 

Hingga menit ke-85 Persib terus menekan lini pertahanan dengan berbagai variasi serangan yang mampu mengancam pertahanan lawan. Namun, Maung Bandung masih cukup kesulitan untuk menjebol gawang Persik.

 

Dua menit berselang, Renan Silva kembali mengancam gawang Persib lewat tendangan keras yang

 

Menit ke-87 Persib hampir menjebol gawang Persik lewat akselerasi dari David Da Silva di lini pertahanan.Namun, kembali masih mampu diantisipasi kiper lawan.

 

Di lima menit akhir pertandingan Persib Bandung terus meningkatkan intensitas serangan. Meski Maung Bandung terus menyerang, namun kokohnya pertahanan tim lawan, membuat pertandingan itu harus berkesudahan dengan 0-2.

 

Dengan kekalahan tersebut, membuat Persib Bandung memutus tren tidak terkalahkan sebanyak 14 pertandingan di Liga 1 2023/2024.

 

 

Daftar susunan pemain:

 

Persib Bandung: Kevin Mendoza (PG), Nick Kuippers, Beckham Putra, David Da Silva, Ezra Walian, Henhen Herdiana, Febri Hariyadi, Alberto Rodriguez, Marck Klok (C), Ciro Alves dan Edo Febriansyah.

 

Cadangan: Teja Paku Alam (PG), Abdul Aziz, Achmad Jufriyanto, Ferdiansyah, Zalnando, Victor Igbonefo, Rezaldi Hehanusa, Arsan Makarim, Stefano Beltrame, Ryan Kurnia.

 

 

Persik Kediri : Dikri Yusron (PG), Anderson (C), Bayu Otto, Yusuf Meilana, Renan Da Silva, Hamra Hehanusa, Simen Lyngbo, Jose Pedro, Rohit Chand, Moch Supriadi, Flavio Silva.

 

Cadangan: Miswar (PG), Irfan Bachdim, Arthur Irawan, Ady Eko, Ahmad Agung, Fitra, Jeam Kelly, Ahmad Fasya, Rangga Widiansyah, Mohammad Khanafi.

Pewarta: Rubby Jovan Primananda
Editor: Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2023