Jakarta (ANTARA) - Beragam berita penting dan menarik terjadi di Provinsi Jakarta selama sepekan terakhir mulai dari pencegahan kasus mycoplasma pneumonia, pemberian vaksinasi COVID-19 terhadap kelompok sasaran, hingga usulan draf Rancangan  Undang-Undang Daerah Khusus Jakarta (RUU DKJ).

Berikut rangkuman dan tautan berita selengkapnya yang masih menarik untuk dibaca kembali pada hari ini:
 
1. Dinkes DKI sosialisasikan tiga cara cegah mycoplasma pneumonia

Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta menyosialisasikan tiga cara untuk mencegah masuknya bakteri mycoplasma yang bisa menyebabkan radang paru (pneumonia) pada anak di Jakarta.

"Salah satunya dengan kembali menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah," kata Kepala Seksi Surveilans, Epidemiologi dan Imunisasi Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta Ngabila Salama saat dikonfirmasi di Jakarta, Jumat.

Berita selengkapnya klik di sini
 
2. Dinas PPAPP DKI beri perlindungan kepada ibu yang empat anaknya tewas

Dinas Pemberdayaan, Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk (PPAPP) DKI Jakarta memberikan perlindungan kepada D, ibu yang empat anaknya tewas di satu kamar di salah satu rumah kontrakan di Jagakarsa, Jakarta Selatan.

"Dinas PPAPP Provinsi DKI Jakarta melalui UPT Pusat P2A telah melakukan penjangkauan dan melakukan asesmen awal terhadap ibu para korban anak-anak tersebut," kata Kepala Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (UPT P2TP2A) DKI Jakarta, Tri Palupi Diah Handayani saat dikonfirmasi di Jakarta, Kamis.

Berita selengkapnya klik di sini

3. Warga usia 50 tahun ke atas harus lengkapi dosis vaksin COVID-19

Dinas Kesehatan DKI Jakarta menyatakan warga yang berusia 50 tahun ke atas harus sudah melengkapi dosis vaksinasi COVID-19 dengan empat dosis untuk mencegah tertularnya virus yang saat ini kembali melonjak sejak November 2023.

"Diharapkan pralansia usia di atas 50 tahun segera melengkapi vaksinasi 4 dosis," kata Kepala Seksi Surveilans, Epidemiologi dan Imunisasi Dinas Kesehatan DKI Ngabila Salama saat dihubungi di Jakarta, Kamis.

Berita selengkapnya klik di sini

4. Heru optimistis RUU Daerah Khusus Jakarta tak ubah yang sudah baik

Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono optimistis bahwa draf Rancangan Undang-Undang Daerah Khusus Jakarta (RUU DKJ) tidak bakal mengubah sesuatu yang sudah baik, khususnya ketika berstatus sebagai daerah khusus ibu kota (DKI).​​​​​​

Heru kepada wartawan di Rumah Pompa Waduk Pluit, Penjaringan, Jakarta Utara, Selasa, memastikan bahwa nasib Jakarta ke depan akan baik-baik saja karena tidak ada perubahan yang fundamental terkait kekhususan Jakarta pada draf itu.

Berita selengkapnya klik di sini

5. KPU Jakpus gandeng Dinkes untuk beri layanan kesehatan petugas KPPS

Komisi Pemilihan Umum Kota Jakarta Pusat ( KPU Jakpus) menggandeng Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) Pemilu 2024.

"Kita terus koordinasikan dengan dinas (dinkes) untuk tingkat provinsi dan sudin (sudinkes) untuk tingkat kota atau kabupaten," kata Ketua Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih dan Partisipasi Masyarakat dan SDM KPU Kota Jakarta Pusat, Sahat Dohar Manullang saat dihubungi di Jakarta, Selasa.

Berita selengkapnya klik di sini

Pewarta: Siti Nurhaliza
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2023