Sayangnya, Dewan Keamanan gagal melakukannya tapi hal tersebut tak membuatnya menjadi kurang penting, jadi saya berjanji tidak akan menyerah
Doha, Qatar (ANTARA) - Sekretaris Jenderal  PBB Antonio Guterres mengatakan kredibilitas dan otoritas Dewan Keamanan PBB rusak parah akibat konflik di Gaza.

"Otoritas dan kredibilitas Dewan Keamanan rusak berat sampai resolusi pun tidak diimplementasikan," kata Guterres mengenai resolusi PBB yang disahkan sebelumnya yang menyerukan bantuan kemanusiaan yang lebih banyak.

Berbicara dalam Forum Doha yang diadakan di Qatar pada Minggu, Guterres mengkritik "diamnya" Dewan Keamanan PBB terhadap konflik di Gaza.

"Serangan mengerikan yang dilakukan Hamas pada 7 Oktober, yang diikuti bombardemen  tanpa henti oleh Israel di Gaza, ditanggapi dengan bungkamnya Dewan Keamanan. Setelah lebih dari satu bulan, Dewan akhirnya mengeluarkan resolusi tersebut, dan saya menyambut baik," kata dia, tapi menyesalkan bahwa resolusi itu tak bisa diterapkan.

Guterres menggarisbawahi bahwa tidak ada tempat berlindung yang aman bagi warga sipil Gaza.

Baca juga: Palestina tuding Inggris biang keladi kekejaman Israel

Dia menyerukan gencatan senjata kemanusiaan di Jalur Gaza di tengah bombardemen Israel di wilayah Palestina.

"Jumlah korban sipil di Gaza dalam waktu sesingkat ini benar-benar belum pernah terjadi sebelumnya," kata dia, seraya mengungkapkan sistem pelayanan kesehatan sudah tak berfungsi.

Sekjen PBB itu  memperkirakan "ketertiban umum akan segera runtuh dan situasi yang lebih buruk bisa terjadi, termasuk epidemi dan bertambahnya arus pengungsian massal ke Mesir."

Guterres meminta Dewan Keamanan PBB melakukan tekanan guna mencegah bencana kemanusiaan.

Dia juga menegaskan kembali "seruannya agar gencatan senjata kemanusiaan diumumkan."

Baca juga: Hamas bantah puluhan pria yang ditelanjangi Israel adalah pejuangnya

"Sayangnya, Dewan Keamanan gagal melakukannya tapi hal tersebut tak membuatnya menjadi kurang penting, jadi saya berjanji tidak akan menyerah," tambah Guterres.

Amerika Serikat memveto rancangan resolusi Dewan Keamanan PBB pada  Jumat yang menuntut gencatan senjata segera untuk menghentikan pertumpahan darah i Jalur Gaza ketika jumlah korban tewas terus bertambah.

Israel melanjutkan serangan militernya di Jalur Gaza pada 1 Desember setelah jeda kemanusiaan selama seminggu berakhir.

Hampir 18 ribu warga Palestina tewas dan lebih dari 49.229 lainnya terluka akibat serangan tanpa henti Israel di Gaza sejak 7 Oktober setelah Hamas.

Korban tewas di pihak Israel mencapai 1.200 orang.

Baca juga: Sekjen PBB kembali memohon untuk gencatan senjata di Gaza usai veto AS

Sumber: Anadolu
 

Penerjemah: Cindy Frishanti Octavia
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2023