Jakarta (ANTARA) -
Aplikasi tumbuh kembang anak PrimaKu gelar acara edukasi kepada orang tua mengenai tumbuh kembang anak di 1000 hari pertama kehidupan dan pentingnya vaksinasi untuk mencegah stunting melalui acara Parenthood Institute.
 
CEO PrimaKu Muhammad Indraputra dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Senin, menjelaskan adanya edukasi menyeluruh tentang pentingnya vaksin akan meningkatkan kualitas kesehatan anak dan keluarga di Indonesia.
 
"Untuk membentuk ekosistem yang holistik, salah satu pemangku kepentingan utama adalah fasilitas kesehatan. Bermitra dengan ratusan fasilitas kesehatan yang memiliki layanan vaksinasi di 33 provinsi di Indonesia, fitur booking vaksin PrimaKu menunjukkan hasil yang positif dengan menyalurkan ribuan vaksin anak di tahun 2023," kata Indraputra. 

Baca juga: PrimaKu luncurkan kelas edukasi untuk orangtua
 
PrimaKu mengembangkan ekosistemnya dengan menghadirkan fitur aplikasi terbaru seperti Booking Vaksin dan Produk Rekomendasi, meningkatkan layanan kesehatan secara menyeluruh, serta konsisten melaksanakan program edukasi yang konsisten.
 
Salah satu komitmen diadakannya Parenthood Institute by PrimaKu adalah menciptakan ekosistem yang holistik dan mempermudah orang tua demi menekan angka stunting di Indonesia dengan 3 pilar dan fitur utama, yaitu tumbuh kembang, konten terpercaya seputar nutrisi dan parenting dari para ahli, dan yang terbaru adalah booking vaksin.
 
Setelah menunjukkan rapor yang positif dengan 97 persen anak yang terdaftar di PrimaKu mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang lebih baik serta terhindar dari stunting pada 2022. Tahun ini PrimaKu fokus untuk meningkatkan jangkauan vaksinasi anak di seluruh Indonesia demi memperbaiki kualitas kesehatan anak dan jangkauan vaksinasi yang sempat menurun.
 
Ketua Bidang Humas dan Kesejahteraan Anggota Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) DR. Dr. Bernie Endyarni Medise, Sp.A(K), MPH mengatakan berdasarkan data Profil Kesehatan Ibu dan Anak, lebih dari 37 persen anak tidak mendapatkan vaksinasi lengkap sehingga rentan terhadap penyakit yang bisa dicegah.
 
Edukasi melalui teknologi menurutnya dapat memberikan dampak positif yang nyata.
 
"Edukasi menyeluruh tentang vaksinasi anak, kemudahan akses konsultasi dan fasilitas kesehatan melalui teknologi pastinya bisa memberikan dampak positif yang nyata. Oleh karena itu, IDAI selalu mendukung kegiatan PrimaKu sebagai partner resmi dalam penyelenggaraan program edukasi seperti Parenthood Institute," ucap Bernie.
 
Stunting adalah permasalahan kompleks yang indikatornya harus ditinjau secara komprehensif dengan berbagai faktor yang dapat mempengaruhi tumbuh kembang anak. Berdasarkan program intervensi Percepatan Penurunan Stunting yang dilaksanakan oleh Kementerian Kesehatan RI, data di tahun 2021 menunjukkan ada 6,5 juta dari 22 juta balita tidak dipantau tumbuh kembangnya secara rutin.

Baca juga: Parentalk akan gelar festival orang tua dan anak Desember 2023

Baca juga: Cara Andien Aisyah eratkan hubungan dengan sang anak

Baca juga: Trik Kimberly Ryder agar anak tak bosan makan
 

Pewarta: Fitra Ashari
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2023