PLN EPI sebagai subholding dari PLN Group terus berupaya mengejar target bauran EBT itu, dan salah satu alternatifnya adalah dari sisi biomassa,
Jakarta (ANTARA) - PT PLN Energi Primer Indonesia (PLN EPI) menggandeng PT Maharaksa Biru Energi Tbk (MBE) dalam kerja sama pengembangan dan pengelolaan biomassa STAB (Socio Tropical Agriculture-waste Biomassa) sebagai substitusi bahan bakar batu bara pada pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) milik PLN.

Direktur Utama PLN Energi Primer Indonesia (PLN EPI) Iwan Agung Firstantara menjelaskan, penandatanganan MoU ini sejalan dengan upaya nasional dalam meningkatkan bauran energi baru terbarukan (EBT) sebesar 23 persen di 2025, serta mengejar target Nationally Determined Contribution (NDC) pada 2030 dan Net Zero Emission (NZE) di 2060.

“PLN EPI sebagai subholding dari PLN Group terus berupaya mengejar target bauran EBT itu, dan salah satu alternatifnya adalah dari sisi biomassa,” ujar Iwan di Jakarta, Senin.

Baca juga: Kemenko Marves bersama PLN luncurkan program rantai pasok biomassa

Untuk bisa memastikan pasokan biomassa, PLN EPI menjalin kemitraan dengan berbagai pihak. Salah satunya dengan Maharaksa Biru Energi. Nantinya MBE akan menyediakan pasokan biomassa untuk seluruh PLTU milik PLN Grup.

Ruang lingkup kerja sama dalam MoU ini adalah pengembangan ekosistem, bisnis, teknologi, pengelolaan, pemasaran dan pemanfaatan biomassa/bioenergi dalam bentuk wood pellet, woodchip atau sawdust, yaitu, dengan mengoptimalkan residu pertanian, perkebunan, kehutanan, produk samping perkebunan kelapa sawit dan area pengelolaan lain yang berbasis pemberdayaan dan/atau keterlibatan masyarakat. Biomassa yang berasal dari sawdust dan limbah pertanian ini akan menambah bauran energi PLN.

Iwan mengungkapkan, biomassa merupakan salah satu sektor vital yang berperan besar dalam meningkatkan bauran EBT di Indonesia. Sektor ini pun diharapkan mampu menyumbang akselerasinya sebesar 3,6 persen dari total target bauran EBT 23 persen di 2025.

”Untuk itu kami sangat concern dalam akselerasi biomassa STAB ini. Kami terus berinovasi serta menjalin kerja sama dengan para stakeholder,” lanjut Iwan.

Baca juga: Pebisnis energi terbarukan berbasis biomassa ingatkan pasokan

Iwan pun mengungkapkan apresiasinya pada PT Maharaksa Biru Energi Tbk yang telah bersepakat menggenjot biomassa STAB. Lewat kerja sama semacam ini dirinya optimis bauran EBT dari sektor biomassa akan lebih terakselerasi secara signifikan.

Hal itu, kata Iwan, sejalan dengan komitmen pemerintah dalam mengejar target Co-Firing pada tahun 2025 yang diproyeksikan kebutuhan biomassa dari PLN akan meningkat tajam menjadi 10,2 juta ton atau 300 persen untuk menyediakan energi bersih sebesar 12,7 Terawatt hour (TWh).

”Oleh karena itu, PLN EPI terus mencari sumber-sumber biomassa lainnya, terutama yang bersumber dari potensi sumber daya setempat,” tambah Iwan.

Biomassa STAB merupakan jenis biomassa yang berasal dari limbah pertanian di mana proses produksi akan melibatkan masyarakat tani secara langsung, tidak terbatas pada agriculture (pertanian/perkebunan), namun juga pada kehutanan menggunakan replanting kayu karet/tanaman energi.

Baca juga: PLN EPI dapat 8 penghargaan internasional LACP dan Inspire Award 2023

Bahan baku dari STAB dapat berupa limbah/residu tanaman pertanian atau perkebunan, seperti sekam dan jerami padi, bonggol jagung, bagasse dan pucuk daun tebu, limbah aren, limbah sagu, ampas/residu kelapa, tandan kosong dan pelepah sawit, ranting-ranting pruning tanaman, dan lain-lain.

”Sebagai negara tropis dengan masyarakat agraris, kami melihat banyak sekali limbah pertanian yang selama ini hanya ditimbun atau dibakar agar lahan bersih kembali. Kami melihat potensi besar ini, maka kami terus berinovasi bagaimana memanfaatkan limbah yang tadinya tidak bermanfaat dan mengganggu bisa diutilisasi menjadi energi bersih bahkan mampu menciptakan nilai ekonomis baru bagi para petani di Indonesia,” tutup Iwan.

Pewarta: Faisal Yunianto
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2023