Kita pada tahun ini akan meningkatkan optimalisasi perkembangan portofolio baru. Kita juga akan mulai masuk pada bisnis green baik melalui co-invesment untuk meningkatkan additional demand
Jakarta (ANTARA) - PLN Energi Primer Indonesia menetapkan lima langkah strategis pada 2024 untuk bisa menjamin terjaganya rantai pasok energi primer dan menjadikan subholding PT PLN (Persero) ini sebagai perusahaan yang ternama.

Sekretaris Perusahaan PLN EPI Mamit Setiawan menjelaskan pada tahun ini PLN EPI menargetkan kinerja keuangan yang sehat dan juga bertumbuh. Selain memperkuat lini bisnis rantai pasok energi primer yang ada saat ini, peningkatan pendapatan beyond kWh, seperti sektor logistik energi juga akan menjadi fokus perusahaan pada 2024.

"Kita pada tahun ini akan meningkatkan optimalisasi perkembangan portofolio baru. Kita juga akan mulai masuk pada bisnis green baik melalui co-invesment untuk meningkatkan additional demand," kata Mamit dalam Press Briefing Corporate Exposure PLN EPI di Jakarta, Selasa.

Berbagai kerja sama dan kolaborasi sudah lebih dulu dilakukan perusahaan pada 2023 hingga awal tahun ini. Seperti bekerja sama dengan Jepang, perusahaan asal UEA untuk pengembangan rantai pasok energi primer.

Langkah kedua, menurut Mamit, penguatan suplai energi primer ke seluruh pembangkit. Saat ini PLN EPI memiliki mandat untuk menjaga seluruh pasokan baik itu batu bara, gas, BBM hingga biomassa ke pembangkit di level keamanan Hari Operasi Pembangkit (HOP).

"Tak ada pembangkit yang di bawah 20 HOP saat ini. Berbagai penguatan seperti jaminan pasokan, keamanan alokasi energi primer kita perkuat hingga seluruh pembangkit terjamin pasokan energinya," imbuh Mamit

Ketiga, tahun ini PLN EPI juga akan menekankan efisiensi biaya energi primer dengan perencanaan kebutuhan dan kepastian rantai pasok dengan biaya yang paling optimal.

Kemudian yang keempat adalah sesuai mandat holding, PLN EPI juga mengembangkan usaha dengan menerapkan prinsip ESG (lingkungan, sosial dan tata kelola yang baik). Hal ini juga sejalan dalam mendukung transisi energi di Indonesia.

"Seperti pelibatan masyarakat di Gunung Kidul Yogyakarta dalam membuat eco village atau desa berdaya energi untuk hutan energi juga menjadi salah satu implementasi prinsip ESG," kata Mamit.

Kelima, penguatan tata kelola human capital. Hal ini untuk meningkatkan maturitas organisasi perusahaan yang didukung oleh proses bisnis yang excellent dan sesuai dengan GCG (good corporate governance).

Baca juga: PLN EPI pasok 2,5 juta ton biomassa untuk cofiring PLTU pada 2024

Baca juga: PLN EPI manfaatkan limbah tepung aren untuk uji cofiring PLTU

Baca juga: PLN EPI amankan stok batu bara di atas 20 hari operasi pembangkit

Pewarta: Faisal Yunianto
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2024