Padang (ANTARA) - Perum Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) ANTARA Biro Sumatra Barat (Sumbar) turut serta membantu menyelamatkan ekosistem pesisir laut dari ancaman abrasi pantai lewat aksi penanaman mangrove atau bakau.

"Selain menyelamatkan ekosistem pesisir laut, aksi sosial ini juga dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Ke-86 LKBN ANTARA," kata Kepala LKBN ANTARA Biro Provinsi Sumbar Irwan Arfa di Padang, Senin.  

Irwan mengatakan penanaman bakau dipusatkan di Pasia Jambak, Kecamatan Koto Tangah. Lokasi itu dipilih mengingat kondisi ekosistem di sekitar lokasi cukup parah akibat aktivitas penambangan pasir beberapa tahun lalu.

Harapannya, lewat upaya penghijauan yang dilakukan karyawan kantor berita itu, keseimbangan ekosistem di pesisir barat dapat terjaga termasuk keberkelanjutannya.

"Jadi, ini bentuk dukungan menjaga kelestarian pantai, termasuk kepedulian LKBN ANTARA sebagai satu-satunya kantor berita milik negara terhadap kelestarian lingkungan," ujarnya.

Kegiatan penyelamatan ekosistem wilayah pesisir tersebut terselenggara berkat kerja sama Perum LKBN ANTARA Biro Sumbar dengan Pusat Studi Mangrove Universitas Bung Hatta.

Sementara itu, pegiat lingkungan Kota Padang Pati Hari Yose menyambut baik langkah LKBN ANTARA Biro Sumbar dalam upaya rehabilitasi mangrove di kawasan Pasia Jambak.

"Semoga saja yang dilakukan LKBN ANTARA ini juga ditiru oleh banyak pihak dalam membantu penyelamatan lingkungan," harap dia.

Yose mengatakan bakau jenis rhizopora tersebut memiliki banyak fungsi di antaranya akar dan batang sebagai penahan laju abrasi. Kemudian, keberadaan populasi bakau juga menjadi habitat bagi kepiting bakau, lokasi pemijahan ikan dan lain sebagainya.

Baca juga: ANTARA supaja diakui sebagai satu2nja persbureau nasional di Indonesia

Baca juga: LKBN ANTARA Gorontalo bersama PMI gelar aksi sosial donor darah

Baca juga: ANTARA kumpulkan 100 kantong darah saat bakti kesehatan di Banjarmasin

Pewarta: Muhammad Zulfikar
Editor: Nurul Hayat
Copyright © ANTARA 2023