London (ANTARA News) - Pebalap Jerman, Stefan Bradl, meraih pole position (urutan start pertama) di balap motor MotoGP Amerika Serikat, pada Minggu dini hari WIB, setelah pebalap asal Spanyol, Marc Marquez tergelincir di akhir kualifikasi Sirkuit Laguna Seca.

Marquez, pebalap tim Honda, yang telah mendominasi sesi latihan di Mazda Speedway, siap untuk mengambil posisi terbaik. Namun sayang ia tergelincir keluar lintasan hanya empat menit dari sisa waktu babak kualfikasi.

Kesalahannya membuka jalan bagi Bradl, yang membukukan waktu 21,176 detik untuk menggeser Marquez dan mendapatkan pole pertama MotoGP dalam karirnya di musim kedua.

"Ini luar biasa. Saya tidak mengharapkan pole position karena pebalap lainnya mampu meningkatkan dan punya waktu lebih cepat di babak kualifikasi," ujar pria berusia 23 tahun itu.

Marquez, yang akan membalap untuk pertama kalinya di Laguna Seca, terlihat tak berdaya dari pit, tapi `rookie` itu berhasil menempati tempat kedua pada balapan Senin dini hari WIB nanti.

(A063)

Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2013