Tingkat pengangguran turun ke level terendahnya dalam empat bulan menjadi 3,7 persen.
Jakarta (ANTARA) -
Analis pasar uang Bank Mandiri Reny Eka Putri mengatakan bahwa rupiah melemah terhadap dolar AS dipengaruhi oleh data sektor ketenagakerjaan Amerika Serikat (AS) yang membaik, dengan tingkat pengangguran yang turun.
 
Pada penutupan perdagangan di Jakarta, Senin, rupiah menurun tajam sebesar 105 poin atau 0,68 persen menjadi Rp15.623 per dolar AS dari penutupan sebelumnya sebesar Rp15.518 per dolar AS.
 
"Tingkat pengangguran turun ke level terendahnya dalam empat bulan menjadi 3,7 persen," kata Reny kepada ANTARA di Jakarta, Senin.

Baca juga: Rupiah merosot karena data tenaga kerja AS yang solid
 
Sementara itu, ada penambahan lapangan kerja di AS, yang ditunjukkan oleh data Non-Farm Payroll (NFP) naik lebih tinggi dari perkiraan menjadi sebesar 199 ribu pada November 2023.
 
Di sisi lain, sentimen konsumen University of Michigan untuk AS melonjak menjadi 69,4 pada Desember 2023 dan ekspektasi inflasi akan turun menjadi 3,1 persen pada November 2023.
 
Perkembangan data AS terkini membuat imbal hasil obligasi Pemerintah AS (US treasury yield) kembali meningkat ke 4,6 persen dan indeks dolar AS kembali naik ke level 104 yang mengindikasikan penguatan dolar AS kembali terjadi terhadap sejumlah mata uang utama (major currencies).
 
Investor menantikan pertemuan kebijakan Bank Sentral AS atau The Fed dalam pertemuan Federal Open Market Committee (FOMC) Desember 2023 dan beberapa pertemuan bank sentral global lainnya dalam pekan ini untuk memastikan arah kebijakan suku bunga.
 
Dari domestik, Reny menuturkan pelaku pasar masih mencatatkan arus modal keluar (capital outflow) pekan lalu di pasar saham, sehingga kondisi pasar keuangan juga masih fluktuatif.

Baca juga: Rupiah melemah tipis seiring pasar nantikan rilis data tenaga kerja AS
 
Selama periode 4 Desember hingga 7 Desember 2023, tercatat arus modal asing keluar bersih di pasar saham Indonesia senilai Rp0,84 triliun.
 
"Kami melihat sentimen eksternal masih membayangi pergerakan rupiah meskipun peningkatan cadangan devisa yang dirilis pekan lalu dapat menahan pelemahan rupiah lebih dalam," ujarnya.
 
Kurs Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (JISDOR) Bank Indonesia pada Senin turut melemah ke posisi Rp15.614 per dolar AS dari posisi sebelumnya Rp15.500 per dolar AS.

Pewarta: Martha Herlinawati Simanjuntak
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2023