Gerakan Pangan Murah ini untuk membantu masyarakat Kota Jambi untuk memenuhi kebutuhan hariannya dengan harga murah
Kota Jambi (ANTARA) - Pemerintah Kota Jambi (Pemkot) Jambi menggandeng sejumlah pelaku usaha ritel dan kelompok tani setempat guna menyediakan pangan murah melalui Gerakan Pangan Murah untuk masyarakat setempat, Senin.

"Gerakan Pangan Murah ini untuk membantu masyarakat Kota Jambi untuk memenuhi kebutuhan hariannya dengan harga murah," kata Penjabat Wali Kota Jambi Sri Purwaningsih di Kota Jambi, Senin.

Pemkot Jambi menggandeng sejumlah kelompok tani dan pelaku usaha ritel untuk ikut menyediakan pangan murah tersebut. Gerakan Pangan Murah ini menjadi wadah bagi kelompok tani untuk menjual hasil pertanian  dengan harga yang terjangkau tapi tetap menguntungkan petani.

Sri menegaskan bahwa menjelang akhir tahun 2023 ini pemerintah berupaya menjaga daya beli masyarakat dengan menyediakan kebutuhan pangan yang terjangkau. Langkah ini bertujuan memastikan inflasi terkendali, masyarakat sejahtera untuk mendapatkan pangan murah.

Dalam Gerakan Pangan Murah, Pemkot Jambi menyediakan beras medium hingga premium dengan harga lebih murah, kebutuhan sayur mayur seperti cabai, bawang, ikan dan lainnya dijual dengan harga yang lebih murah dibanding pasaran.

Pada kesempatan itu, Ia mengatakan bahwa kondisi harga pangan di Kota Jambi masih relatif stabil.

Baca juga: DJPb Jambi serahkan digital DIPA 2024

Hal ini sesuai dengan hasil sidak ke sejumlah distributor pangan, ritel hingga pasar tradisional guna memastikan kondisi kesiapan bahan-bahan pokok menjelang Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 dan stok dan harga pangan yang terkendali menjelang Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

"Bahkan ada harga yang turun, seperti ikan, yang naik itu telur, cabai mengalami penurunan karena sebelumnya sebulan yang lalu tinggi sedangkan kemarin turun meski ada beberapa varian cabai yang masih tinggi," kata dia.

Sri menegaskan bahwa kondisi Kota Jambi untuk ketersediaan pangan masih terkendali dan terkait pengendalian inflasi di daerah tidak terlepas dari kerja sama TPID Kota Jambi menjaga supaya tidak ada lonjakan harga yang signifikan.

Pemkot Jambi juga telah menggelar pasar murah di Pasar Angso Duo dan ke depan dilaksanakan pasar murah pada beberapa titik menjelang akhir tahun 2023.

"Supaya masyarakat Kota Jambi tetap bisa sejahtera, berbelanja dengan harga terjangkau, tidak ada lonjakan harga, kalau ada kenaikan kita bisa kendalikan," ujarnya.

Baca juga: OJK Jambi: Jumlah nasabah Bank Wakaf Mikro terus bertambah

Baca juga: Pertamina mengelola sampah di Kota Jambi jadi maggot pakan ternak

 

Pewarta: Tuyani
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2023