Jakarta (ANTARA) - Universitas Negeri Islam Kiai Haji Achmad Siddiq Jember menggandeng Universitas 1 Paris Pantheon-Sorbonne, Prancis, untuk merancang pelaksanaan konferensi internasional dalam upaya penguatan reputasi akademik.

Kerja sama itu terwujud saat tim dari UIN KHAS Jember yang diwakili Wakil Rektor bidang Akademik dan Pengembangan Kelembagaan M. Khusna Amal bersama Dekan Fakultas Syariah Wildani Hefni tengah melakukan kajian riset di sejumlah negara Eropa, salah satunya Prancis.

"Kami berharap penjajakan kerja sama kelembagaan ini dapat mendorong program internasionalisasi UIN KHAS Jember dalam penguatan tri dharma perguruan tinggi. Perancangan kerja sama konferensi internasional menjadi salah satu pintu masuk untuk mewujudkan hal tersebut," ujar M. Khusna dalam keterangannya di Jakarta, Senin.

Menurutnya, topik tematik yang bisa dikerjasamakan berkaitan dengan bidang ilmu humaniora, sejarah, hukum, ekonomi, dan sains teknologi. Menurutnya, kampus UIN KHAS Jember memiliki kesiapan untuk menjadi tuan rumah penyelenggaraan.

Baca juga: UIN Jakarta jalin kerja sama dengan dua universitas ternama China

Dekan Fakultas Syariah UIN KHAS Jember Wildani Hefni berharap penjajakan kerja sama kelembagaan ini dapat menghasilkan working joint group dalam pelaksanaan tri dharma perguruan tinggi.

"Penyelenggaraan konferensi internasional dengan menggandeng perguruan tinggi mitra luar negeri dapat memperluas jejaring akademik civitas akademika UIN KHAS Jember," kata dia.

UIN KHAS Jember juga tengah menjajaki kerja sama riset bidang filologi dan hukum dengan Universitas Cologne atau yang dikenal Universitas zu Köln, Jerman.

Penjajakan kerja sama dalam penguatan studi Islam, dengan fokus pada pengembangan kajian filologi. Universitas zu Köln dinilai memiliki sejarah panjang dengan Indonesia, terutama dalam pengkajian bidang studi bahasa Melayu.

Rektor UIN KHAS Jember Hepni Zain mengatakan penguatan tri dharma perguruan tinggi kampus UIN KHAS Jember akan terus didorong dengan kerja sama kelembagaan baik di tingkat lokal, nasional, dan internasional.

Baca juga: UIN Jember jajaki kerja sama riset filologi dengan Universitas zu Koln

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2023