Bogor, Jawa Barat (ANTARA) - Ratusan talenta muda sepak bola dari 16 akademi yang tersebar di Tanah Air akan berkompetisi dalam turnamen sepak bola U-17 Nusantara Open 2023 yang berlangsung 14-11 Desember.

"Sepanjang turnamen ini scouter (pemandu bakat) akan memilih bakat-bakat yang hebat yang akan dibina di Akademi Sepak Bola Garudayaksa dan juga akan dikirim ke Qatar untuk berlatih di Aspire Academy," kata Ketua Panitia Nusantara Open 2023 Fary Djemy Francis dalam acara Talkshow & Drawing Nusantara Open 2023 di Komplek Akademi Sepak Bola Garudayaksa, Bogor, Senin.

Turnamen Nusantara Open 2023 akan digelar kali kedua itu akan diikuti pemain-pemain muda dari 16 akademi yaitu Persib Bandung, Rans Nusantara FC, Arema FC, Borneo FC Samarinda, Garudayaksa Academy, PSS Sleman, Bali United FC, PSLS Lhoukseumawe.

Selain itu, Persija Jakarta, Maluku Utara Selection, Bhayangkara Presisi Indonesia, PSM Makassar, ASIOP, Persis Solo, PSIM Semarang, serta Bintang Timur Atambua.

"Turnamen ini dikemas secara modern dengan tema sepak bola adalah pemersatu bangsa, sepak bola adalah menyatukan kita," katanya.

Fary mengatakan, turnamen Nusantara Open sendiri digagas oleh Prabowo Subianto selaku tokoh yang mencintai sepak bola dengan sepenuh hati.

"Tokoh bangsa (Prabowo Subianto) yang merindukan sepak bola Indonesia bisa berkibar dan berkiprah di dunia internasional. Tokoh yang bertaruh hebat demi mimpi besarnya untuk anak-anak muda Indonesia," katanya.

Ia mengatakan, Nusantara Open 2023 akan berlangsung di Komplek Akademi Sepak Bola Garudayaksa, Cileungsi, Bogor, yang digagas Prabowo Subianto. Akademi tersebut dibangun di atas lahan seluas 60 hektare dilengkapi dengan 7 lapangan sepak bola, 1 indoor stadium, serta asrama pemain, fasilitas medis, dan lainnya.

Adapun ke-16 tim yang ikut telah menjalani sesi drawing untuk bersaing dalam empat grup yaitu Grup A: Persib Bandung U17, Rans Nusantara FC U17, Arema FC U17, Borneo FC Samarinda U17, Grup B: Garudayaksa Academy U17, PSS Sleman U17, Bali United FC U17, PSLS U17.

Grup C: Persija Jakarta U17, Malut Selection U17, Bhayangkara Presisi Indonesia FC U17, PSM Makassar U17, serta Grup D: ASIOP U17, Persis Solo U17, PSIS Semarang U17, dan Bintang Timur Atambua U17.


Baca juga: PSSI bakal restrukturisasi sepak bola Indonesia sejak dari akademi U-9
Baca juga: 16 tim sepak bola ikuti Piala Prabowo Subianto 2022
Baca juga: Presiden klub tunjuk Joko Susilo jadi Direktur Teknik Akademi Arema

Pewarta: Aloysius Lewokeda
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2023