Pertamina Patra Niaga menyiagakan sejumlah fasilitas dan layanan untuk melayani masyarakat selama periode Natal dan Tahun Baru ini
Jakarta (ANTARA) - PT Pertamina Patra Niaga menjamin kesiapan fasilitas dan layanan energi untuk masyarakat menjelang perayaan libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

Direktur Pemasaran Regional Pertamina Patra Niaga Mars Ega Legowo Putra dalam keterangannya yang diterima di Jakarta, Senin, mengatakan Pertamina Patra Niaga berperan untuk memberikan pelayanan terbaik dan mengantisipasi hal-hal tak terduga terkait pergerakan masyarakat selama masa libur Natal dan Tahun Baru ini.

"Kondisi cuaca menjadi salah satu perhatian utama. Selain itu, pergerakan masyarakat juga akan sangat besar serta terpecah dalam beberapa kegiatan baik melakukan perjalanan mudik, berwisata, merayakan Natal, dan merayakan tahun baru yang tersebar di beberapa titik," ujarnya.

Ega menyampaikan hal tersebut saat rapat koordinasi (rakor) lintas sektoral beberapa waktu lalu. Turut hadir dalam rapat itu, Direktur Rekayasa dan Infrastruktur Darat Pertamina Patra Niaga Eduard Adolof Kawi, yang menyampaikan kesiapan operasi untuk mendukung kelancaran distribusi selama masa libur Natal dan Tahun Baru.

Sebagai antisipasi pergerakan masyarakat, Pertamina Patra Niaga menyiagakan sejumlah fasilitas dan layanan untuk melayani masyarakat selama periode Natal dan Tahun Baru ini.

Layanan yang disiapkan antara lain adalah SPBU Siaga, Kiosk Pertamina Siaga, agen dan pangkalan LPG Siaga, layanan motoris, dan menyiagakan Pertamina Call Center (PCC) 135 sebagai lini terdepan layanan informasi masyarakat. Selain itu, untuk mengetahui informasi dan perkembangan mengenai Pertamina Patra Niaga, masyarakat juga dapat mengakses sosial media instagram @ptpertaminapatraniaga.

"Terlepas seluruh persiapan dan layanan tambahan, kami menghimbau kepada masyarakat, demi kelancaran sebaiknya melakukan pengisian BBM secara full tank sebelum berangkat mudik. Lalu, sebelum meninggalkan rumah pastikan agar regulator LPG di kompor gas sudah terlepas, untuk menghindari kejadian-kejadian yang tidak diinginkan," kata Ega.

Sementara itu, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dalam kesempatan yang sama mengatakan, sejumlah kebijakan telah disiapkan, khususnya untuk mengantisipasi lonjakan pergerakan masyarakat dan perubahan cuaca di masa libur Natal dan Tahun Baru.

Berdasarkan data Kementerian Perhubungan, diperkirakan terjadi lonjakan jumlah pemudik selama masa Natal dan Tahun Baru sebesar 43 persen dibanding tahun lalu.

"Kami terus berkoordinasi secara intensif terkait kebijakan-kebijakan yang akan dikeluarkan, dengan berbagai kementerian dan lembaga maupun stakeholder terkait. Semoga pergerakan masyarakat di masa libur Natal dan Tahun Baru bisa terlaksana secara tertib, lancar, serta selamat, sebagaimana yang kita harapkan bersama," ujar Menhub.

Dalam rakor itu, Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo memperkirakan akan banyak pergerakan kendaraan. Selain itu, juga perlu mempersiapkan antisipasi pengamanan dalam masa pemilu dan dilakukan terhadap ancaman bencana alam, karenanya rangkaian kegiatan Natal dan Tahun Baru harus diamankan.

"Sesuai prediksi dari Kementerian Perhubungan akan ada peningkatan terkait dengan arus mudik dan arus balik. Kemudian, kita juga dihadapkan dengan situasi di mana ada tahapan pemilu dan juga akhir-akhir ini kita mulai menghadapi situasi hujan dalam satu bulan ini. Kita melihat ada beberapa wilayah yang terdampak, apakah banjir, longsor, dan ini semua menjadi bahan untuk kita rapatkan sehingga terhadap masalah-masalah yang mungkin akan muncul ini semua bisa kita pecahkan bersama," ungkapnya.

Turut hadir pada kegiatan tersebut Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Asisten Operasi Panglima TNI Laksda Rachmad Jayadi, Wamen Parekraf Angela Tanoesoedibjo, Deputi Bidang Meteorologi BMKG Guswanto, Direktur Kesiapsiagaan Basarnas Agus Haryono, Widyaiswara Ahli Utama BNPB Dody Ruswandi, serta perwakilan Kemenko PMK untuk bersama-sama menyukseskan pengamanan dan kelancaran Natal dan Tahun Baru 2023/2024.

Baca juga: Pertamina Patra Niaga telah bangun 404 SPBU Nelayan di Indonesia
Baca juga: Pertamina meningkatkan stok BBM 15 persen di Madiun natal-tahun baru
Baca juga: Pertamina Patra Niaga operasikan 51 lembaga penyalur BBM Satu Harga


Pewarta: Indra Arief Pribadi
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2023