Ternate (ANTARA) - Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM), Maluku Utara (Malut) mendorong keterlibatan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di berbagai ajang dan kegiatan berskala nasional terlibat dalam mensukseskan pelaksanaan Hari Nusantara (Harnus) 2023.

"Tentunya, produk unggulan UMKM ditampilkan di Harnus ini tujuannya adalah menggerakkan ekonomi kerakyatan sebagai penopang perekonomian daerah bahkan nasional," kata Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM), Provinsi Maluku Utara, Wa Zaharia dihubungi, Selasa.

Dia mengatakan Hari Nusantara 2023 dijadikan pihaknya sebagai momentum mengenalkan produk unggulan UMKM lokal dari 10 kabupaten/kota di Maluku Utara.

"Momen Ini kami jadikan kesempatan untuk Promosi Produk unggulan UMKM Maluku Utara di kancah nasional, karena banyak tamu dari berbagai daerah," kata Zaharia.

Gelaran Hari Nusantara 2023 yang berlangsung pada 10 hingga 13 Desember 2023 dan dipusatkan di kawasan wisata Pantai Tugulufa Kota Tidore Kepulauan, jadi satu dari sekian banyak kegiatan yang melibatkan UMKM.

Baca juga: Kemenhub optimalkan persiapan menyambut Hari Nusantara di Tidore

Sehingga, pihaknya telah menyiapkan 100 stand khusus untuk digunakan UMKM unjuk produk unggulan melalui Pameran Nusantara UMKM Expo 2023 di sepanjang Jalan Pantai Tugulufa, Kota Tidore Kepulauan.

Dari pantauan, aneka macam produk lokal yang dipamerkan di antaranya, berupa makanan, kopi rempah, kerajinan tangan, aksesoris besi putih, pariwisata, fashion dan beberapa produk lainnya.

Beberapa rangkaian dari peringatan Hari Nusantara 2023 juga digelar di antaranya, senam bersama goyang Tidore, lomba renang, bakti kesehatan, karnaval budaya, bakar sate ikan terbanyak, penanaman pohon mangrove, demonstrasi paramotor, pagelaran tari kolosal, sailling pas, parade perahu nelayan dan penampilan grup band Slank.

Pada puncak Hari Nusantara 2023, Kamis (13/12/2023) nanti akan ada demonstrasi paramotor, pagelaran tari kolosal, sailling pas, parade perahu nelayan dan acara lainnya. Kemudian pada malam puncak peringatan Hari Nusantara 2023, masyarakat akan dihibur oleh penampilan grup band Slank. 


Baca juga: DPP LDII: Mochtar Kusumaatmadja berjasa besar ubah sejarah laut dunia
 

Pewarta: Abdul Fatah
Editor: Evi Ratnawati
Copyright © ANTARA 2023