Kami berkomitmen untuk menyederhanakan proses manajemen keuangan dan membantu UMKM tumbuh di era digital dengan solusi bisnis lengkap yang disesuaikan dengan pasar Indonesia
Jakarta (ANTARA) - Aspire, Meta, dan Bank Aladin bekerja sama untuk menyediakan pinjaman produktif bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Indonesia.

Pinjaman produktif yang dapat langsung digunakan melalui Kartu Aspire ini mempermudah UMKM untuk menempatkan iklan digital di platform seperti Facebook dan Instagram.

“Kami berkomitmen untuk menyederhanakan proses manajemen keuangan dan membantu UMKM tumbuh di era digital dengan solusi bisnis lengkap yang disesuaikan dengan pasar Indonesia,” kata General Manager di Aspire Indonesia Ferdy Nandes dalam keterangan di Jakarta, Selasa.

Kolaborasi antara Aspire dan Meta memungkinkan penggunaan Kartu Aspire sebagai metode pembayaran pada platform Meta.

Hal ini diharapkan dapat mempermudah UMKM untuk melakukan pembayaran atas penempatan iklan mereka di platform Facebook atau Instagram, sehingga mereka juga akan lebih cepat mendulang hasil dari iklan tersebut.

Aspire juga menyediakan platform manajemen pengeluaran yang mencatat setiap transaksi penggunanya pada dasbor. Selain itu, Aspire juga menyediakan solusi keuangan lain seperti manajemen tagihan, manajemen pendapatan, hingga layanan gerbang pembayaran atau payment gateway.

Bank Aladin turut bergabung dalam kolaborasi antara Aspire dan Meta dengan menghadirkan pinjaman produktif yang dirancang khusus untuk UMKM.

Chief Commercial Officer Bank Aladin Syariah Stefen Loekito mengatakan Bank Aladin memberikan dukungan melalui layanan perbankan digital syariah untuk mendukung pertumbuhan ekonomi Indonesia, khususnya yang ditopang oleh UMKM.

“Kami percaya kolaborasi Bank Aladin Syariah bersama Aspire dan Meta adalah salah satu kunci untuk mendukung kehadiran online UMKM agar memperluas jangkauan pasar mereka,” kata Stefen.

Head of Industry Meta Aldo Rambie mengatakan kolaborasi antara Aspire, Meta, dan Bank Aladin sejalan dengan visi Meta untuk memperluas jangkauannya terhadap UMKM.

“Kami berkomitmen untuk membantu meningkatkan kehadiran digital dan mendorong potensi UMKM dengan membuka jalan mereka untuk menjangkau audiens yang lebih luas,” kata Aldo.

Berdasarkan laporan DataReportal, Digital 2023: Indonesia, pada Januari 2023 jangkauan iklan Facebook di Indonesia telah mencapai 43,4 persen dari total populasi atau 56,3 persen dari pengguna internet lokal.

Data tersebut juga melaporkan bahwa iklan di Instagram telah menjangkau 32,3 persen dari total populasi, yang setara dengan 41,9 persen dari pengguna internet di negara Indonesia.

Baca juga: Mendag jadi host Shopee Live, bertemu dengan UMKM yang sukses ekspor

Baca juga: Sandiaga: TikTok-Tokopedia diharapkan beri dampak positif bagi UMKM


Pewarta: Sanya Dinda Susanti
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2023