Surabaya (ANTARA News) - Komisi V DPR RI mengapresiasi kesiapan arus mudik dan balik di bandar udara, terminal, pelabuhan dan stasiun yang menjadi pintu masuk Jawa Timur menjelang Hari Lebaran 2013.

"Secara umum, persiapan menghadapi musim arus mudik dan balik di Jawa Timur sangat baik. Tidak ada kendala berarti dan siap digunakan," kata Ketua Komisi V DPR RI, Muhidin M. Said, kepada wartawan di sela kunjungannya di Surabaya, Senin.

Bersama sejumlah anggota lainnya, komisi yang membawahi bidang perhubungan, telekomunikasi, pekerjaan umum, perumahan rakyat, pembangunan pedesaan dan kawasan tertinggal itu selama seharian mengunjungi beberapa lokasi.

Kunjungan pertama dilakukan di Bandar Udara Internasional Juanda, kemudian menyempatkan untuk melihat-lihat proyek pembangunan Terminal 2 Juanda yang berlokasi di Juanda Lama.

Setelah itu, rombongan menuju Terminal Purabaya, Pelabuhan Tanjung Perak dan berakhir ke Stasiun Pasar Turi.

"Temuan mencolok tidak ada dan semua sudah terkoordinasi. Semoga musim arus mudik dan balik di sini bisa lebih baik dari tahun lalu," kata legislator asal Fraksi Partai Golkar tersebut.

Hanya saja, pihaknya menyoroti tentang rawan kecelakaannya pemudik yang menggunakan kendaraan roda dua. Muhidin berharap ada kebijakan atau program dari pemerintah provinsi untuk meminimalisasi korban jiwa akibat kecelakaan di jalan.

"Dari data yang saya dapatkan tahun lalu, total 908 pengendara sepeda motor meninggal dunia di jalan. Kami harap tahun ini tidak ada lagi dan semua pihak lebih mewaspadainya," kata dia.

Pewarta: Fiqih Arfani
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2013