Jakarta (ANTARA) - Perusahaan Listrik Negara (PLN) Persero menghadirkan wadah khusus bernama Connext untuk perusahaannya dapat menjajaki kolaborasi dengan para startup lokal sehingga dapat memberdayakan inovasi dan solusi yang berasal dari anak bangsa.

"Kami bangun platform bernama PLN Startup Day Connext sebagai wadah untuk memetakan tantangan yang dihadapi PLN, kami buka ruang bagi para startup untuk mengisi ruang-ruang kosong ini dengan inovasi mereka dan berkolaborasi dengan kami karena ruang untuk berkreasi ini luas sekali," kata Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo dalam konferensi pers di Kantor Pusat PLN di Jakarta Selatan, Selasa.

PLN Startup Day Connext dihadiri startup binaan dari Kementerian Komunikasi dan Informatika, Kementerian BUMN, dan juga dari yayasan Nexticorn. Ada sekitar 50 startup yang hadir untuk mengikuti forum grup diskusi yang berlangsung setelah acara PLN Startup Day Connext 2023 dibuka.

Baca juga: PLN Electric Run 2023 ajak pelari untuk kurangi emisi CO2

Darma mengatakan 50 startup tersebut berasal dari tiga sektor yaitu bidang customer focus (fokus konsumen) dan smart ecosystem (ekosistem pintar), lalu ada bidang alternative energy (energi alternatif), dan shared economy (ekonomi berbagi).

Startup di bidang fokus konsumen dan ekosistem pintar diharapkan bisa membantu PLN untuk mengembangkan layanan kepada pelanggan dengan inovasi baru lewat pemanfaatan aset dan infrastruktur yang dimiliki perusahaan BUMN itu.

Lalu untuk bidang energi alternatif​​​​​​​, diharapkan para perusahaan rintisan yang berasal dari latar belakang tersebut bisa membantu PLN menjalankan komitmennya untuk menekan emisi karbon dalam menghasilkan daya dan memberikan solusi baru untuk memperbanyak penggunaan energi terbarukan.

Terakhir dari bidang ekonomi berbagi, startup diharapkan dapat memberikan inspirasi peluang bisnis baru yang dapat dikerjakan bersama dengan PLN.

"Ini hanya awal di mana ke depannya startup-startup bisa menyalurkan ide-ide hebatnya ke dalam bisnis-bisnis baru dan bisa melalui kolaborasi dengan perusahaan-perusahaan milik negara. Bahkan bisa juga menjangkau perusahaan tingkat dunia ini adalah jiwa dari pelaksanaan PLN Startup Day 2023," kata Darma.

Baca juga: PLN perkuat kompetensi SDM jawab tantangan transisi energi

Baca juga: HUB.ID tingkatkan kepercayaan pasar dukung startup lokal bertumbuh

Baca juga: Gerakan 1.000 startup di Aceh untuk percepat transformasi digital

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2023