Beijing (ANTARA) - Proyek Pengalihan Air Selatan ke Utara China telah mengalihkan lebih dari 67 miliar meter kubik air ke daerah utara yang kering di negara itu selama sembilan tahun terakhir, demikian ditunjukkan data resmi.

Lebih dari 176 juta warga menerima manfaat langsung dari megaproyek pengalihan air yang merupakan proyek terbesar di dunia ini, kata Kementerian Sumber Daya Air China pada Selasa (12/12), bertepatan dengan sembilan tahun mulai beroperasinya proyek tersebut.

Kota-kota metropolitan seperti Beijing dan Tianjin mengandalkan proyek ini sebagai sumber air utama, kata kementerian itu. Proyek ini telah memasok 10 miliar meter kubik air untuk tujuan ekologis selama beberapa tahun terakhir serta menghidupkan kembali banyak sungai dan danau.

Proyek Pengalihan Air Selatan ke Utara China memiliki tiga rute. Rute tengah, yang merupakan rute paling penting, dimulai dari Waduk Danjiangkou di Provinsi Hubei, China tengah, melintasi Henan dan Hebei sebelum mencapai Beijing dan Tianjin.

Rute timur mengalirkan air dari Provinsi Jiangsu di China timur ke beberapa daerah termasuk Tianjin dan Shandong, sementara rute barat masih dalam tahap perencanaan.

Pewarta: Xinhua
Editor: Santoso
Copyright © ANTARA 2023