tiap Pilpres diputar lagi
Jakarta (ANTARA) - Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka, Ahmad Muzani menegaskan, Prabowo Subianto siap menghadapi pertanyaan-pertanyaan terkait Hak Asasi Manusia (HAM) saat debat perdana Capres 2024.
 
"Ya isu itu kan bukan baru sekali juga, tiap Pilpres diputar, tiap Pilpres diputar lagi. Tentunya kita (Prabowo) juga sudah siap dengan pertanyaan-pertanyaan itu," kata Muzani saat menghadiri debat perdana calon presiden (Capres) 2024 di Gedung Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Jakarta Pusat, Selasa.
 
Muzani menyebut, debat perdana Capres 2024 yang menjadi konsumsi publik ini diharapkan bisa membuka mata seluruh masyarakat Indonesia lebih luas lagi terkait tema-tema debat yang hari ini disajikan.
 
Muzani mengatakan, dalam debat perdana ini tidak ada persiapan khusus yang dilakukan Prabowo, pihaknya menyatakan siap menjawab segala pertanyaan-pertanyaan saat debat berlangsung.
 
Sama halnya seperti yang dikatakan Ketua Umum Partai Gelora Anis Matta bahwa Prabowo akan menjawab segala pertanyaan debat terkait HAM dengan santai. Dia juga meyakini Prabowo bisa memenangkan debat perdana Capres 2024.
 
"Saya kira itu bukan isu lagi ya. Santai saja (Prabowo menjawab) Insyaallah. Dan Insyaallah beliau akan memenangkan debat pertama ini, yakin," kata Anis.
 
Selain itu, Direktur Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Budiman Sujatmiko menyebut tujuan utama Prabowo-Gibran yakni mendorong pelaksanaan dan implementasi kebijakan HAM sesuai dengan tantangan-tantangan baru yang saat ini banyak dihadapi.
 
Hal itu seperti terkuat data privasi, perlindungan data, lapangan pekerjaan, hak atas pekerjaan, banyaknya proses mekanisasi dalam pekerjaan yang sedikit mengganggu, hak atas ruang publik, hak atas infrastruktur, hak atas pendidikan, hak atas kesehatan, dan lain sebagainya.
 
Lebih lanjut, Juru bicara (Jubir) Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Andre Rosiade, menyebut Prabowo yang pernah dipilih menjadi calon wakil presiden Megawati Soekarnoputri, lalu menjadi kandidat Capres 2014 dan 2019 sudah biasa menghadapi pertanyaan yang terus diulang setiap lima tahun sekali.
 
"Kalau kaset rusak yang diulang-ulang itu kan memang agenda lima tahunan, jadi soal HAM ini kan yang diserang kepada Pak Prabowo agenda lima tahunan, tapi kan tidak ada satupun kasus hukum yang menjerat Pak Prabowo. Pak Prabowo selesai (clear) dari permasalahan hukum dan lainnya," jelas Andre.
 
Hari ini, KPU menyelenggarakan debat pertama capres-cawapres Pilpres 2024 di Jakarta, Selasa, dengan tema pemerintahan, hukum, HAM, pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, peningkatan layanan publik, dan kerukunan warga.
 
Debat diikuti tiga pasangan capres-cawapres yakni nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, dan nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud Md.
 
Rangkaian debat akan dilanjutkan pada 22 Desember 2023, 7 Januari 2024, 21 Januari 2024, dan 4 Februari 2024.

Baca juga: TKN sebut Prabowo dalami program kerja untuk hadapi debat perdana

Baca juga: TKN kumpulkan aktivis 98 jelang debat Pilpres 2024

Baca juga: Budiman Sujatmiko: Prabowo-Gibran fokus tuntaskan pekerjaan Jokowi

Pewarta: Siti Nurhaliza
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2023