Jakarta (ANTARA) -
Ketua Komnas Hak Asasi Manusia (HAM) periode 2017-2022, Ahmad Taufan Damanik, sebagai panelis dalam debat perdana pemilihan presiden (Pilpres) 2024 mengatakan semua pasangan calon (paslon) menunjukkan komitmen terhadap HAM.
 
Taufan Damanik mengungkapkan bahwa kata kunci yang diharapkannya muncul dari semua paslon.
 
"Saya kira bagus. Misalnya terkait HAM yang memang menjadi fokus saya. Ada pembahasan soal Papua. Muncul kata-kata kunci bahwa harus diselesaikan melalui dialog, jadi bukan jadi bukan pendekatan keamanan. Itu kata kuncinya," kata Ahmad Taufan Damanik kepada ANTARA usai debat perdana
 
Taufan Damanik juga menyebut dalam debat perdana dibahas penyelesaian pelanggaran berat, dengan komitmen tegas untuk pendekatan yudisial.
 
Ia berharap kasus-kasus yang ada dapat diselesaikan dengan tuntas dan tidak lagi menjadi bahan politisasi.
 
Terkait korupsi, kata Taufan, ada komitmen dari semua paslon untuk memperkuat lembaga anti-korupsi dan tindakan pemberantasan korupsi.
 
"Bahkan, ada metode-metode yang lebih progresif, seperti perampasan aset dan pemberian hukuman maksimal," ujarnya menambahkan.
 
Terkait korupsi juga, kata Taufan, da komitmen dari semua paslon untuk memperkuat lembaga anti-korupsi dan tindakan pemberantasan korupsi. Bahkan, menurutnya ada metode-metoda yang lebih progresif , seperti perampasan aset dan pemberian hukuman maksimal.
 
Taufan enggan membandingkan siapa yang paling unggul dalam debat perdana ini. Menurutnya, semuanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing dan yang terpenting kata kunci yang keluar dari setiap paslon bisa menjadi pegangan ketika menjabat sebagai pemimpin berikutnya.
 
"Secara umum karena debat pertama belum keluar semua. Tapi sudah saling sanggah. Ada perbedaan pandangan sehingga publik bisa menilai yang mana yang terbaik" ujar Taufan Damanik.
 
Dia berharap debat perdana ini bisa membuka jalan agar pada sesi selanjutnya lebih dinamis. Sehingga poin-poin penting dari setiap paslon bisa keluar, bukan hanya sekadar jargon atau slogan, tetapi rencana strategis atau program yang lebih konkret.
 
KPU RI menyelenggarakan debat pertama capres-cawapres Pilpres 2024 di Jakarta, Selasa, dengan tema pemerintahan, hukum, HAM, pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, peningkatan layanan publik, dan kerukunan warga.
 
Debat diikuti tiga pasangan capres-cawapres yakni nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, dan nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud Md. Rangkaian debat akan dilanjutkan pada 22 Desember 2023, 7 Januari 2024, 21 Januari 2024, dan 4 Februari 2024.

Baca juga: Ketua Komnas HAM: Independensi adalah kebahagiaan selama menjabat

Baca juga: Komnas HAM apresiasi pembatasan sponsor rokok pada event olahraga

Baca juga: Komnas HAM minta aturan larangan pekerjakan anak di industri rokok

Pewarta: Muhammad Ramdan
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2023