ANTARA sebagai kantor berita resmi nasional adalah wajah Indonesia
Jakarta (ANTARA) - Kepala Staf Kepresidenan RI Moeldoko berharap Perum LKBN ANTARA bisa terus menjaga semangatnya untuk mengawal Indonesia menjadi negara maju.

“ANTARA sebagai kantor berita resmi nasional adalah wajah Indonesia,” kata Moeldoko dalam video ucapan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-86 LKBN ANTARA, yang diterima pada Rabu.

Baca juga: Pesan Presiden untuk ANTARA: Bangkitkan optimisme rakyat

Baca juga: Ari Dwipayana: ANTARA tampil mengedukasi di era post-truth


Menurut Moeldoko, dalam sejarahnya ANTARA telah mengawal bangsa Indonesia sejak masa revolusi, zaman kemerdekaan, hingga masa pembangunan.

“Para jurnalisnya tersebar di seluruh pelosok negeri, sehingga informasi yang disampaikan (ANTARA) menjadi rujukan bukan hanya untuk media nasional tetapi juga media internasional,” tutur dia.

LKBN ANTARA didirikan pada tanggal 13 Desember 1937 dengan nama NV Kantor Berita ANTARA, antara lain, oleh Albert Manumpak Sipahoetar, Soemanang, Adam Malik, dan Pandoe Kartawigoena.

Pada tahun 1962 pemerintah mengambil alih NV Kantor Berita ANTARA dan mengubahnya menjadi sebuah lembaga pemerintah dengan nama Lembaga Kantor Berita Nasional ANTARA.

Pewarta: Yashinta Difa Pramudyani
Editor: Sigit Pinardi
Copyright © ANTARA 2023