Berlin (ANTARA News) - Tim bekas asuhan Pep Guardiola akan menghadapi tim yang kini dilatihnya pada pertandingan persahabatan antara juara Eropa Bayern Munich dan tamunya raksasa Spanyol Barcelona.

Barcelona tiba di Munich tanpa pelatih kepala setelah Tito Vilanova mengundurkan diri Jumat pekan lalu karena tengah berjuang melawan kanker.

Asisten Vilanova Jordi Roura akan memimpin Barca di Allianz Arena.  Pria berusia 45 tahun ini sudah menukangi Barcelona dari Desember sampai April semasa Vilanova menjalani perawatan.

Setelah Guardiola memenangi 14 titel juara antarat 2008 dan 2012 di Barcelona, laga pramusim ini akan seru, terutama karena kedua klub raksasa Eropa ini tengah tegang hubungannya.

Guardiola melatih Bayern bulan lalu, di tengah keriuhan besar, setelah klub Bavaria itu memikat pria berusia 42 tahun itu ke Munich menyusul cuti panjangnya selama setahun di New York.

Guardiola telah mendapatkan kapten tim Spanyol U-21 Thiago Alcantara dari Barcelona untuk melapis lapang tengahnya yang bertabur bintang termasuk Arjen Robben dari Belanda dan gelandang timnas Prancis Franck Ribery.

Namun Guardiola memicu keributan dengan mantan bos-bosnya di Barcelona belum lama bulan ini ketika dia menuduh direksi Barcelona berupaya menyakitinya.

Dalam sebuah konferensi pers, Guardiola melancarkan serangan dengan melancarkan tuduhan kepada dewan direksi Barca, yang kemudian membantahnya dengan mengatakan Pep mencerca Vilanova selagi mendapat perawatan karena kanker di New York.

"Saya tidak akan pernah melupakan bahwa mereka menggunakan sakitnya Tito untuk menyakiti saya, karena bohong semata bahwa saya tak pernah melihat dia di New York," kata dia.

Dengan tegangnya hubungan di luar lapangan, maka bakal ada ketegangan serupa di dalam lapangan, kendati kedua tim tampaknya akan menurunkan tim kedua.

Dua bintang Bayern yang bermain untuk timnas Jerman, Bastian Schweinsteiger dan Mario Goetze, keduanya telah pulih dari cedera, tapi kedua tim sepertinya tak akan menurunkan bintang-bintang yang beraksi pada Piala Konfederasi lalu.

Baik pemain baru Barcelona dari Brazil, Neymar, maupun Carles Puyol yang berusaha pulih dari bedah lutut Maret lalu, diperkirakan tidak akan diturunkan.

Bintang-bintang senior seperti Javier Mascherano, Adriano Correia, Alex Song dan Alexis Sanchez akan menjadi pemain cadangan, sedangkan superstar Argentina Lionel Messi akan bermain sebagian.

Barcelona ingin membuktikan diri kepada Bayern yang mengandaskannya dengan agregat 7-0 pada semifinal Liga Champions musim lalu ketika klub asal Jerman itu menang 4-0 di Munich, lalu menang tandang 3-0 di Camp Nou.

Setelah menang pada dua laga pramusim melawan Hamburg dan Borussia Moenchengladbach pekan lalu, pertandingan persahabatan melawan Barcelona adalah ujian besar untuk Bayern baru di bawah asuhan Guardiola.

Dia memasang formasi 4-1-4-1, dari formasi 4-2-3-1 yang memenangkan treble musim lalu, dan menukar kapten timnas Jerman Philipp Lahm dari bek kiri menjadi gelandang bersama pemain sayap Franck Ribery yang berposisi lebih maju.

Waktu pertandingan berlangsung pada pukul 18.30 waktu setempat (23.30 WIB) demi memberi kesempatan kepada para wanita Jerman menonton semifinal Kejuaraan sepak bola puteri Eropa 2013, demikian AFP.


Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2013