"Anggaran sharing Pilkada serentak 2024 untuk KPU dan Bawaslu ini telah dialokasikan pada APBD-P 2023 dan RAPBD tahun anggaran 2024 yang saat ini sedang dalam evaluasi Pemerintah Provinsi Gorontalo,"
Bone Bolango (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bone Bolango, Provinsi Gorontalo menganggarkan Rp30 miliar untuk mendukung pelaksanaan pemilihan kepala daerah (pilkada) tahun 2024 nanti.

Kepala Badan Keuangan dan Pendapatan Daerah (BKPD) Bone Bolango Iwan Mustapa di Gorontalo, Rabu mengatakan Pemkab Bone Bolango dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) setempat sudah berkomitmen untuk mensukseskan pelaksanaan Pilkada 2024.

Ia mengatakan, Pemkab Bone Bolango telah menyiapkan anggaran untuk dua lembaga penyelenggara Pemilu di daerah itu, yakni untuk Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bone Bolango Rp21 miliar dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bone Bolango Rp9 miliar.

"Anggaran sharing Pilkada serentak 2024 untuk KPU dan Bawaslu ini telah dialokasikan pada APBD-P 2023 dan RAPBD tahun anggaran 2024 yang saat ini sedang dalam evaluasi Pemerintah Provinsi Gorontalo," kata Iwan.

Alokasi anggaran itu merupakan komitmen Pemkab Bone Bolango yang dipimpin Plt Bupati Merlan S. Uloli bersama DPRD Bone Bolango yang dipimpin Ketua DPRD Halid Tangahu untuk mensukseskan Pilkada serentak 2024.

Apalagi kata dia, Pilkada serentak 2024 mendatang juga berbarengan dengan Pemilihan Gubernur, maka pembiayaannya dilakukan secara bersama dengan Pemerintah Provinsi Gorontalo yang telah dialokasikan melalui APBD Provinsi.

"Untuk besaran alokasi dana hibah Pilkada untuk KPU dan Bawaslu Bone Bolango tersebut, telah beberapa kali dikonsultasikan dan dibahas bersama Pj Gubernur dan Plt Bupati Merlan S. Uloli dan tim Banggar DPRD, TAPD, serta Ketua KPU Bone Bolango," ucap iwan.

"Alhamdulillah bapak Pj. Gubernur Gorontalo Ismail Pakaya pada pertemuan tersebut telah memberi pertimbangan persetujuan dan arahan ke Pemkab dan Banggar DPRD Bone Bolango untuk mengalokasikan Rp21 miliar untuk KPU dan Rp9 miliar untuk Bawaslu," ujar dia.

Iwan menyebutkan besaran alokasi anggaran untuk kedua lembaga Pemilu tersebut pun disetujui oleh DPRD, dan KPU Bone Bolango.

"Untuk NPHD telah ditandatangani pada tanggal 29 November 2023 di sela-sela pelaksanaan upacara peringatan HUT ke-52 Korpri, di halaman Kantor Bupati Bone Bolango yang disaksikan oleh unsur Forkopimda," kata dia, lagi.

Pewarta: Adiwinata Solihin
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2023