Washington (ANTARA) - Amerika Serikat pada Selasa mengumumkan paket bantuan militer tambahan sebesar 200 juta dolar AS (sekitar Rp 3,1 triliun) untuk kebutuhan penting keamanan dan pertahanan Ukraina.

"Komitmen AS untuk mendukung Ukraina melawan serangan Rusia tak tergoyahkan," ujar Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin pada media sosial X.

Paket bantuan tersebut termasuk tambahan kemampuan pertahanan udara, amunisi artileri, senjata anti-tank, dan perlengkapan lain untuk membantu Ukraina melawan Rusia, menurut pernyataan yang dikeluarkan Kementerian Pertahanan AS.

Pernyataan tersebut dirilis saat Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy sedang mengunjungi Gedung Putih untuk bertemu mitranya, Presiden AS Joe Biden.

"Saya baru saja menandatangani penarikan 200 juta dolar AS lagi dari Departemen Pertahanan untuk Ukraina, dan itu akan segera dilakukan," ujar Biden kepada wartawan disela pertemuannya dengan Zelenskyy di Ruang Oval.

Zelensky menunjukkan bahwa dia senang dengan bantuan militer tersebut. Dia mengatakan: "Saya berterima kasih kepada AS atas dukungannya yang teguh terhadap Ukraina, termasuk paket bantuan militer senilai 200 juta dolar AS yang diumumkan hari ini."

Sumber: Anadolu

Baca juga: Rusia akan pantau pertemuan Biden-Zelenskyy dengan cermat

Baca juga: Biden peringatkan Partai Republik agar terus bantu militer Ukraina

Penerjemah: Yoanita Hastryka Djohan
Editor: Yuni Arisandy Sinaga
Copyright © ANTARA 2023