Padang (ANTARA News) - Kantor Perwakilan Bank Indonesia Wilayah VIII Padang menyediakan layanan penukaran uang drive thru bagi pengendara mobil untuk memudahkan masyarakat menukarkan uang kecil menyambut Idul Fitri 1434 Hijriyah.

Layanan drive thru disediakan khusus bagi pengendara roda empat setiap hari kerja mulai Senin-Kamis pukul 13.00-15.00 WIB di Gedung C Kantor BI Padang, kata Kepala Tim Sistem Pembayaran Kantor Perwakilan Bank Indonesia Wilayah VIII Eddy Sukarman di Padang, Selasa.

Ia mengatakan, layanan drive thru merupakan terobosan baru yang pertama kali dilaksanakan tahun ini di mana pengendara roda empat dalam menukarkan uang tidak perlu turun dari mobil.

"Selain memudahkan masyarakat, layanan drive thru juga lebih terjamin keamanannya karena uang yang ditukar langsung berada dalam mobil tanpa repot lagi untuk turun naik kendaraan", kata dia.

Ia menyebutkan, hingga Senin (22/7) jumlah uang yang ditukarkan melalui layanan drive thru mencapai Rp1 miliar yang didominasi oleh uang pecahan Rp2.000 dan Rp1.000.

Dikatakannya setiap pengendara dapat menukarkan uang maksimal Rp12.300.000 dan khusus pecahan Rp1.000 memang dibatasi karena jumlahnya yang terbatas.

Ia mengatakan layanan penukaran drive thru akan dibuka hingga 1 Agustus.

Kantor Perwakilan Bank Indonesia Wilayah VIII Padang menyiapkan uang tunai sebanyak Rp1,52 triliun untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di Sumatera Barat selama Ramadhan dan menyambut Idul Fitri 1434 Hijiriyah.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Wilayah VIII Padang Mahdi Mahmudy mengatakan jumlah tersebut meningkat sebesar 20 persen dibanding tahun lalu karena diperkirakan kebutuhan uang tunai akan naik.

Pewarta: Ikhwan Wahyudi
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2013