Norwegia akan terus mendukung perjuangan Ukraina dalam membela diri
Oslo (ANTARA) - Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy tiba di Norwegia pada Rabu untuk kunjungan mendadak menjumpai Perdana Menteri Norwegia Jonas Gahr Stoere dan para pemimpin negara Nordik lainnya untuk menggalang dukungan bagi perang melawan Rusia.

Zelenskyy terbang langsung ke Norwegia setelah bertemu dengan Presiden AS Joe Biden dan para legislator AS di Washington, di mana Zelenskyy mengatakan prioritas utamanya adalah memperkuat pertahanan udara Ukraina.

"Hari ini kami berbicara dan akan lanjut berbicara mengenai hal spesifik yang dapat menyelamatkan ribuan nyawa di Ukraina, sekaligus menambah tekanan bagi penyerang," kata Zelenskyy dalam temu media bersama Stoere di Oslo.

Rusia menyerang ibu kota Ukraina, Kiev, dengan misil balistik dalam serangan kedua pekan ini. Zelenskyy menyatakan Rusia membidik infrastruktur sipil dalam serangan semalam tersebut.

Baca juga: Biden peringatkan Partai Republik agar terus bantu militer Ukraina

Stoere mengatakan Norwegia akan menyumbangkan 3 miliar krone (Rp4,26 triliun) untuk Ukraina.

Dana itu adalah bagian dari paket kesepakatan yang disetujui sebelumnya oleh parlemen Norwegia, dari total 75 miliar krone (Rp106,7 triliun) selama lima tahun.

"Norwegia akan terus mendukung perjuangan Ukraina dalam membela diri. Kami menyediakan dukungan tertarget dan berjangka panjang guna membantu Ukraina dalam perjuangannya demi  kemerdekaan dan demokrasi," kata Stoere.

"Upaya Ukraina inijuga  penting dalam menjaga kemerdekaan dan keamanan di Norwegia," sambung dia.

Zelenskyy juga akan menghadiri KTT para pemimpin lima negara Nordik, yakni Denmark, Finlandia, Islandia, Norwegia dan Swedia, yang merupakan sekutu utama Ukraina dalam perang melawan Rusia yang telah berlangsung selama 22 bulan.

Baca juga: Menkeu Yellen: Jika Ukraina kalah, AS harus bertanggung jawab

Sumber: Reuters

 

Penerjemah: Arie Novarina
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2023