Jakarta (ANTARA) - Calon wakil presiden nomor urut 3 Mahfud Md diangkat menjadi warga kehormatan Jawara Pantura Banten usai menghadiri pengukuhan Gapura Nusantara Banten, dan Tasyakuran Rumah Pemenangan Ganjar-Mahfud, di Desa Warunggunung, Lebak, Banten.

Dalam pengukuhan tersebut, Mahfud diberi peci warna merah dan dipakaikan baju pangsi warna hijau milik salah satu perguruan jawara. Selain itu, Mahfud mendapat surban dan golok sebagai simbol bahwa dirinya menjadi bagian dari warga Jawara Banten.

“Saya berharap para jawara, saudara-saudara semua menemani dan menyertai perjuangan saya menegakkan kebenaran bersama Mas Ganjar Pranowo," kata Mahfud seperti dikutip dalam rilis yang diterima di Jakarta, Rabu.

Pada kesempatan itu, Mahfud juga mengatakan bahwa dirinya siap menerima kritik dan bersedia kena sanksi jika melanggar nilai dan prinsip yang dianut oleh Jawara Pantura Banten.

"Saya minta, awasi saya. Silakan dikritik dan dijatuhi sanksi apabila saya melanggar prinsip dan nilai-nilai dalam perguruan dan paguyuban ini," ujarnya di depan puluhan kelompok perguruan Jawara Banten.

Sementara itu, Pembina Relawan Gapura Nusantara, Marsekal TNI Purn Agus Supriatna mengatakan bahwa pihaknya akan bekerja keras dalam memenangkan Ganjar-Mahfud.

"Kami ada 22 perguruan jawara di Banten siap menangkan Ganjar-Mahfud di seluruh wilayah. Datang di setiap daerah, ajak lima orang, ajak lagi dua orang. Mari menang terhormat bersama rakyat, berjuang dengan sat-set. Semoga diridhai Allah, perjuangan dan niat baik kita," kata Agus.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada hari Senin, 13 November 2023, menetapkan tiga bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.

Hasil pengundian dan penetapan nomor urut peserta Pilpres 2024 pada hari Selasa, 14 November 2023, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, sedangkan jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Baca juga: Mahfud MD: masyarakat punya aspirasi bebas dalam memilih pemimpin

Baca juga: Setelah debat capres, Mahfud MD berkampanye di Banten

Baca juga: Ganjar singgung layanan publik pada debat capres pertama


Pewarta: Rio Feisal
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2023