“Hari ini saya berkunjung ke Bupati Manokwari sebagai yang punya daerah. Dalam pertemuan itu saya sampaikan Kabinda selalu netral, jadi jangan ragu berkomunikasi dengan kami,”
Manokwari (ANTARA) - Kepala Badan Intelijen Negara Daerah Papua Barat Mayjen TNI Daru Cahyono memastikan pihaknya bersikap netral selama pelaksanaan Pemilu 2024.

“Hari ini saya berkunjung ke Bupati Manokwari sebagai yang punya daerah. Dalam pertemuan itu saya sampaikan Kabinda selalu netral, jadi jangan ragu berkomunikasi dengan kami,” kata Daru usai bertemu Bupati Manokwari Hermus Indou di Manokwari, Rabu.

Daru mengatakan, BIN siap mendukung pemerintah daerah untuk menjaga menjaga keamanan dan ketertiban terutama dalam pelaksanaan Pemilu 2024. Dirinya berharap tahapan Pemilu 2024 di Manokwari dapat berjalan aman dan kondusif.

“Kita minta bupati untuk mengimbau semua tokoh agar ikut menjaga keamanan, ketertiban di Manokwari. Kondusifitas daerah tidak hanya diciptakan oleh aparat keamanan saja, tapi seluruh pemangku kepentingan harus bersinergi menjaga kondusifitas daerah,” ujarnya.

Ia mengatakan, sudah menjadi tugas aparat intelijen untuk melaksanakan monitoring dan deteksi dini terhadap ancaman, hambatan, tantangan, gangguan yang bisa mengganggu ketentraman dan keamanan di wilayah Papua Barat.

“Yang masih ada gangguan di Papua Barat ini hanyalah Kabupaten Maybrat sedangkan di Manokwari mudah-mudahan tidak ada,” katanya.

Bupati Manokwari, Hermus Indou mengatakan, silaturahmi dengan Kabinda Papua Barat tersebut mendiskusikan perkembangan daerah baik Provinsi Papua Barat dan Kabupaten Manokwari.

Menurutnya, Kabinda Papua Barat sebagai penyelenggara negara di daerah mendapat kepercayaan dari negara untuk memastikan bahwa hubungan antar lembaga pemerintah provinsi maupun kabupaten bisa terbangun sinergisitas yang baik.

“Keberhasilan penyelenggaraan pemerintah agar pembangunan negara di daerah bukan kontribusi satu pihak, tapi kontribusi semua pihak termasuk penyelenggara negara di semua institusi pemerintah, baik pemerintah daerah, TNI Polri termasuk BIN,” jelasnya.

Hermus mengatakan, pihaknya juga berdiskusi terkait dengan peran masing-masing lembaga baik pemerintah daerah maupun BIN untuk memastikan Manokwari bisa kondusif menjelang penyelenggaraan pemilu 2024.

“Posisi BIN sebagai perwakilan pemerintah pusat di daerah memegang teguh prinsip netralitas penyelenggaraan pemilu 2024. Saya juga sampaikan hal yang sama, penyelenggara negara di Pemkab Manokwari juga harus netral,” ujarnya.

Pewarta: Ali Nur Ichsan
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2023