Jakarta (ANTARA News) - Sisco System mengatakan akan membeli perusahaan pembuat software Sourcefire Inc seharga sekitar 2,7 miliar dolar untuk meningkatkan layanan keamanan jaringan.

Sisco akan membayar 76 dolar untuk setiap lembar saham Sourcefire, lebih tinggi 28,6 persen dari harga premium penutupan pasar Senin 59,08 dolar, kata Reuters dalam laporannya, Selasa.

Perusahaan peralatan jaringan itu mengatakan kesepakatan sepertinya akan ditutup kuartal kedua 2013 dan memperkirakan akan ada dilusi tipis pada pendapatan non-GAAP pada tahun fiskal 2014.

SIsco telah kehilangan pangsa pasar keamanan jaringan dalam beberapa tahun lalu, lebih rendah dari rival lebih inovatifnya seperti Networks Inc, Check Point Software Technologies, dan Palo Alto Networks Inc.

Sisco kalah bersaing dalam aplikasi-aplikasi Web, media sosial dan video streaming yang membutuhkan proteksi keamanan lebih kompleks dibanding firewalls tradisional.

Analis RBC Capital Markets Robert Breza mengatakan kesepakatan itu akan menghilangkan satu kompetitor kunci di pasar bagi Check Point, Fortinet, dan Palo Alto, tetapi juga menguatkan posisi Sisco dalam industri.

Itu juga akan menciptakan satu kompetitor besar dalam industri keamanan jaringan, katanya sembari menambahkan bahwa Sourcefire akan membawa teknologi real-time network awareness (RNA) dan sistem prevensi intrusi (IPS) ke Sisco.

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2013