Medan (ANTARA) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara (Sumut) menggelar program mudik gratis bagi masyarakat dalam menyambut Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

Kepala Dinas Perhubungan Sumut Agustinus, di Medan, Rabu, mengatakan mudik gratis tersebut bertujuan untuk mengurangi kemacetan dan menekan angka kecelakaan serta mewujudkan mudik aman, nyaman, dan berkesan.

"Tahun ini kami adakan kembali program mudik gratis untuk warga Sumut yang akan merayakan Natal maupun tahun baru di kampung halaman," ujar Agustinus.

Baca juga: Pelni-Kemenhub koordinasi adakan mudik gratis periode Natal-Tahun Baru

Ia menjelaskan program mudik gratis ini diselenggarakan untuk empat rute, yakni Medan-Tarutung-Sibolga, Medan-Kabanjahe-Pangururan, Medan-Kabanjahe-Sidikalang-Salak, serta Medan-Kisaran-Rantauparapat.

Menurut dia, pendaftaran untuk program mudik gratis tersebut pada 11-22 Desember 2023.

Agustinus mengatakan kuota mudik yang disediakan pada mudik gratis itu sebanyak 1.200 orang. Namun, kuota tersebut sifatnya dinamis atau bisa bertambah.

"Peserta mudik gratis dipastikan terlayani sebaik mungkin serta mendapatkan makanan ringan dan fasilitas lainnya," kata dia.

Baca juga: 9.000 personel gabungan amankan Natal dan Tahun Baru 2024 di Sumut

Oleh karena itu, masyarakat yang berminat mengikuti mudik gratis tersebut harus melakukan pengisian data pribadi melalui google form yang telah disiapkan untuk mendaftar program mudik tanpa dipungut biaya.

Pendaftaran bisa dilakukan baik dengan datang langsung ke tempat-tempat yang sudah kita sediakan maupun dari link registrasi untuk daftar online links.id/MUDIKNATARUPEMPROVSU2023.

Adapun lokasi pendaftaran offline yakni di Kantor Dishub Sumut Jalan Imam Bonjol Nomor 61 Medan, Terminal Amplas, Terminal Pinang Baris, Universitas HKBP Nommensen, Universitas Methodist Medan, dan Universitas Katolik Santo Thomas.

Baca juga: Pemprov Sumut: Stok beras terjaga dan cukup untuk Natal-Tahun Baru

"Keberangkatan program mudik gratis tersebut akan dilaksanakan tanggal 23 Desember 2023 dari Terminal Amplas. Untuk informasi terkini bisa dilihat di akun sosial media Dishub Sumut," ujarnya.

Pewarta: Anggi Luthfi Panggabean
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2023