Jakarta (ANTARA) - SleekFlow, platform omnichannel social commerce, membagikan beberapa kiat menarik untuk penjual bisnis daring di 2024 bisa meningkatkan penjualan daringnya dengan lebih optimal.

Mulai dari mengoptimalkan media sosial hingga membangun basis customer yang loyal menjadi beberapa langkah kiat yang bisa diterapkan oleh para penjual daring di tahun depan.

Untuk kiat pertama SleekFlow menyarankan agar penjual dapat melakukan pemisahan secara tegas antara media sosial sebagai media promosi dengan marketplace sebagai media bertransaksi.

Dengan pemisahan media sosial maka penjual dapat membuat platform media sosial untuk mempertajam fitur promosinya.

Baca juga: Kiat berjualan online bagi pemula

Kiat selanjutnya yang bisa dilakukan penjual ialah membangun brand loyalty yang kuat dengan konsumen.

"Caranya bisa membangun percakapan secara berkala dari meminta saran konsumen atau membuat sistem membership. Dalam membuat itu pun tidak perlu aplikasi sendiri, tetapi bisa menggunakan omni channel CRM SleekFlow," kata Indonesia Marketing Manager SleekFlow Rizqi Isnurhadi dalam keterangannya, Rabu.

Lalu kiat selanjutnya ialah penjual harus memberikan konsumen ruang dan waktu untuk memutuskan pembelian. Untuk itu, para pebisnis perlu menyimpan database calon konsumen agar bisa terus terhubung dan bisa memberikan informasi terbaru.

Penjual juga bisa mengoptimalkan channel promosi dan komunikasi yang ramah terhadap konsumen yang dituju bisa menjadi cara untuk eksplorasi pasar ekspor ke luar negeri.

Dalam hal ini SleekFlow dapat memberikan solusi berupa integrasi dengan WhatsApp, dan beberapa pesan instan lainnya seperti, Telegram, Line, dan WeChat sehingga penjual bisa mudah melakukan komunikasi dengan para pelanggannya.

Baca juga: Jualan online gampang, bebas biaya komisi di Lazada

Terakhir pebisnis juga harus siap menghadapi tingkat turnover karyawan yang makin tinggi. Untuk itu, pebisnis harus memiliki database konsumen yang tersimpan rapi sehingga ketika ada karyawan yang memutuskan keluar bisa melakukan handover dan transisi lebih mudah.

Dengan beragam tantangan yang harus dihadapi para penjual online maka mereka membutuhkan solusi yang tepat agar bisa dihadapi dengan baik.

Maka dari itu SleekFlow berkomitmen hadir memberikan solusi-solusi untuk bisa membantu para penjual online mengembangkan bisnisnya.

"Kami akan hadir untuk menjawab berbagai kebutuhan brand mulai dari membantu untuk sales, marketing hingga support. Menyambut 2024, kami akan hadirkan beberapa fitur baru seperti, Ticketing, Flow Builder, dan AI Inbox Enhancement," ujar Rizqi.

Baca juga: Akademisi nilai pelaku bisnis harus "go digital" demi perluas bisnis
 

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2023