Jakarta (ANTARA) - Calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo mengatakan bahwa pemilih pemula memiliki kepedulian kepada kesehatan mental.

Hal itu disampaikan dia saat wawancara eksklusif di kediamannya di Jalan Taman Patra Raya, Setiabudi, Jakarta Selatan, Rabu.

Awalnya, mantan Gubernur Jawa Tengah itu, tak menampik bahwa dirinya kurang dekat dengan pemilih pemula dibandingkan pasangan calon presiden dan wakil presiden lainnya.

Kendati demikian, timnya berhasil membuat kedekatan itu terjadi.

Saat berbincang dengan pemilih pemula, dirinya dikejutkan bahwa mereka antusias dan peduli pada kesehatan mental.

"Saya berdialog dengan mereka, satu hal yang mengejutkan adalah mereka sangat peduli pada kesehatan mental," ujar Ganjar.

Berdasarkan data tingkat depresi antarnegara 2023 yang dimuat laman World Population Review, 9.162.886 kasus depresi di Indonesia dengan prevalensi 3,7 persen.

Di sisi lain, jumlah penduduk Indonesia setiap tahun bisa bertambah sampai lebih dari tiga juta jiwa yang saat ini sudah menyentuh total 278.16.661 jiwa. Kemungkinan angka penduduk depresi akan jauh lebih besar lagi.

Baca juga: Ganjar girang atas respons masyarakat terkait penampilannya saat debat

Data yang dimuat laman Our Better World dari data Kementerian Kesehatan 2013, sekitar sembilan juta penduduk Indonesia mengalami depresi. Imbasnya ditemukan 3,4 kasus bunuh diri per 100.000 orang di Indonesia.

Sekitar 16 juta orang berusia 15 tahun ke atas ditemukan kasus bunuh diri yang diawali gejala kecemasan dan depresi oleh pelakunya.

Kasus bunuh diri turut dipicu dengan penyakit kejiwaan yang lebih parah seperti psikosis, dengan angka sekitar 400.000 orang. Penderita gangguan jiwa yang mendapatkan pemasungan dari lingkungannya mencapai 57.000 orang.

Depresi juga sudah dialami oleh remaja Indonesia hingga membuat 19 persen di antaranya mempunyai ide untuk bunuh diri. Sebanyak 45 persen remaja bahkan sudah melakukan tindakan untuk menyakiti diri sendiri.

Mengutip laman ITS, menurut pendapat profesor Universidade Federal do Rio Grande do Sul, Christian Kieling, MD. PhD perkiraan peningkatan depresi yang dialami remaja memiliki peningkatan 10-20 persen setiap tahun.

Pada 2019, Badan Kesehatan Dunia (WHO) mencatat sekitar 300 juta orang di seluruh dunia telah mengalami depresi. Sebanyak 15,6 juta juta di antaranya berasal dari Indonesia.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menetapkan tiga pasangan calon presiden dan wakil presiden sebagai peserta Pilpres 2024, yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dengan nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md nomor urut 3.

Masa kampanye juga telah dijadwalkan mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Baca juga: Ganjar tak pernah khawatir dengan berita negatif
Baca juga: Ganjar akan serap aspirasi terkait isu lokal saat kampanye di daerah
Baca juga: Ganjar akan beri ruang bagi anak muda untuk masuk ke pemerintahan

Pewarta: Narda Margaretha Sinambela
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2023