Medan (ANTARA) - Wakil Duta Besar Polandia untuk Indonesia Piotr Firlus mengatakan, negaranya dan Provinsi Sumatera Utara dapat bermitra untuk saling meningkatkan kunjungan turis ke wilayah masing-masing.

"Kami mempromosikan pariwisata Sumatera Utara di Polandia. Sejalan dengan itu, kami memperkenalkan pula wawasan tentang Polandia di Sumut," ujar Piotr di Medan, Rabu.

Dengan demikian, dia berharap akan banyak warga negara Polandia datang ke Sumut untuk menikmati beragam destinasi pariwisata seperti Danau Toba, Bukit Lawang dan lain-lain.

Sebaliknya, Piotr pun ingin masyarakat Sumatera Utara berkunjung ke Polandia untuk melihat berbagai objek wisata di sana misalnya di Kota Krakow, Warsawa dan Gdansk.

"Setiap tahunnya, kami memperkirakan 3.000-an orang Polandia ke Indonesia tetapi kebanyakan memang ke Bali. Itulah kenapa kami mau mereka juga melihat provinsi lain di Indonesia," tutur dia.

Piotr melanjutkan, Polandia dan Sumatera Utara sama-sama mempunyai potensi pariwisata yang dapat menambah pemasukan kedua wilayah.

Untuk itu, Kedutaan Besar Polandia di Indonesia berupaya untuk terus menjalin komunikasi dengan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara, termasuk melalui Konsulat Kehormatan Republik Polandia di Medan.

"Pariwisata ini sektor yang menguntungkan. Oleh sebab itu, kami akan memperkuat kemitraan dengan pemerintah daerah di Sumatera Utara," kata Piotr.

Selain itu, juga untuk menambah jumlah kunjungan pariwisata, dia juga mengusulkan agar Pemerintah Sumatera Utara dan Polandia melaksanakan semacam festival yang di dalamnya terdapat pengenalan budaya.

Pada November 2023, Polandia sempat menggelar Festival Polandia 2023 di Bandung, Bogor, Jakarta, Bali dan Surabaya.

Ditambah lagi, Polandia dan Sumatera Utara memiliki satu ikatan di Kecamatan Medan Polonia, Medan.

Nama Polonia diberikan oleh warga Polandia Ludwig Michalski. Polonia awalnya merupakan nama perkebunan Ludwig yang disewanya dari Sultan Deli pada tahun 1872. Polonia adalah sebutan Polandia dalam bahasa Latin dan ketika itu akrab disematkan untuk para imigran dari negara tersebut.

Pemerintah Polandia ingin membangun sebuah tugu peringatan untuk itu. Prasasti tersebut diharapkan bisa menjadi salah satu daya tarik pariwisata bagi warga Polandia.

Baca juga: Polandia jajaki kemungkinan bangun tugu peringatan di Polonia Medan
Baca juga: Polandia ingin perkuat kemitraan lintas sektor dengan Sumatera Utara
Baca juga: PM baru Polandia janji galang dukungan Eropa untuk Ukraina

 

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2023