banyak perusahaan yang berminat membantu produk-produk UMKM yang cocok di Malaysia
Jakarta (ANTARA) - CEO Cybers Group Dedi Yudianto mengatakan kegiatan temu bisnis (business matching) dalam ajang UMKM Merdeka Export 2023 di Kota Melaka, Malaysia, pada 7-11 Desember 2023 memperkuat kemitraan pelaku UMKM Indonesia.

Dengan temu bisnis, para pelaku usaha di Malaysia dapat membantu memasarkan produk UMKM asal Indonesia di Negeri Jiran tersebut.

“Jadi banyak perusahaan yang berminat membantu produk-produk UMKM yang cocok di Malaysia, sehingga bisa terjadi transaksi secara rutin,” kata Dedi di Jakarta, Rabu.

Dia berharap tingginya transaksi itu bisa mendorong produk UMKM Indonesia untuk mendunia atau menjadi top global di negeri orang. Apalagi, kontribusi UMKM di Tanah Air sangat besar bagi perekonomian.

Mengacu kepada data Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (UKM), terdapat 65,4 juta pelaku UMKM pada 2019. Dengan jumlah unit usaha sebanyak itu, terdapat 123 ribu tenaga kerja yang terserap, sehingga membuktikan bahwa dampak dan kontribusi UMKM sangat besar bagi perekonomian Indonesia.

Dedi menyebutkan dari hasil temu bisnis tersebut seluruh produk makanan dan minuman dibeli oleh Indomart dan akan dipajang pada empat gerai Indomart di Kuala Lumpur, Malaysia.

"Mana yang paling laku akan dipesan ulang dari sana," ujarnya menambahkan.

Acara temu bisnis dalam UMKM Merdeka Export 2023 dihadiri secara langsung oleh Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah, sedangkan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Sandiaga Uno serta Menteri Koperasi dan UKM RI Teten Masduki hadir melalui rekaman video.

Turut hadir Atase Perdagangan RI Kuala Lumpur Deden Muhammad, Tuan Yang Terutama Tun Tan Sri Haji Mohd Rustam, dan Kepala Dinas Perdagangan Provinsi Bengkulu Yenita Syaiful.

Hadir juga beberapa pengusaha perempuan Malaysia lainnya, seperti CEO Prihatin Ehsan Holdings Sdn Bhd Datin DR Hajah Hartini Binti Osman dan CEO Ilyska BioInnovation Sdn Bhd Siti Khadijah Ariffin.

Selain itu, ada juga Managing Director at Karisma Empire Associates Sdn Bhd Norli, Co- Founder of CEO Kids International yang juga merupakan Direksi Perusahaan Indomart Coco Wong, CEO Acural Sdn Bhd Boby Abdillah, Founder Futurist Foundation Encik Sheigh Faleigh, serta Managing Director PT Mallindo Global Network Titan Sabtian.
Baca juga: Ikut UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2023, ‘Pancal Bike’ Berharap Bisa Perluas Pasar
Baca juga: Airlangga sampaikan serangkaian strategi guna jaga pertumbuhan ekonomi
Baca juga: KCIC sediakan 66 gerai UMKM di Stasiun Halim

Pewarta: Agatha Olivia Victoria
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2023