Jakarta (ANTARA) - PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) menyediakan 66 gerai usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Stasiun Halim, Jakarta Timur seiring dengan meningkatnya jumlah penumpang Kereta Cepat Whoosh dan juga LRT di stasiun tersebut.

"Untuk memastikan pengalaman yang positif bagi seluruh penumpang di Stasiun Halim yang terus meningkat, KCIC telah meningkatkan layanannya dengan menambah jumlah tenant UMKM di stasiun menjadi 66 UMKM. Dari 44 UMKM makanan dan minuman yang ada sebelumnya, KCIC telah menambah 22 tenant baru yang masing-masing menawarkan hidangan yang spesial dan unik dari berbagai daerah," kata General Manager Corporate Secretary KCIC Eva Chairunisa di Jakarta, Rabu.

Adapun, 22 stan baru tersebut merupakan UMKM di bidang makanan dan minuman yang menyajikan makanan dan minuman dari berbagai daerah di Indonesia.

Dengan menyediakan area usaha bagi pelaku usaha lokal di stasiun, KCIC juga secara aktif berkontribusi terhadap pemberdayaan dan pertumbuhan pelaku usaha lokal serta peningkatan perekonomian Indonesia.

KCIC menyebut keberagaman kuliner yang ditawarkan oleh para gerai baru tersebut juga untuk memperkenalkan cita rasa Indonesia yang kaya dan beragam kepada penumpang yang tidak hanya datang dari dalam negeri tetapi juga mancanegara.

Eva menjelaskan penambahan UMKM lokal di stasiun tersebut tidak hanya mendiversifikasi pengalaman penumpang tetapi juga merupakan salah satu strategi KCIC untuk meningkatkan peluang bisnis non-farebox.

Selain dari pendapatan tiket, KCIC juga akan memaksimalkan bisnis non-farebox seperti pemanfaatan aset, naming rights, periklanan, dan lainnya dalam rangka menjaga keberlangsungan layanan Kereta Cepat Whoosh.

"Seiring dengan kemajuan layanan Kereta Cepat Whoosh, KCIC tetap berdedikasi untuk menyediakan layanan terbaik, berkontribusi terhadap pertumbuhan transportasi berkelanjutan, dan memberdayakan bisnis lokal demi kepentingan penumpang kami yang berharga dan masyarakat yang lebih luas," ucap Eva.

KCIC mengungkapkan bahwa Stasiun Halim sebagai tempat naik dan turun penumpang tidak hanya Kereta Cepat Whoosh tetapi juga LRT Jabodebek melayani ratusan ribu penumpang setiap bulannya.

Pada Oktober 2023, terdapat 190.215 penumpang Kereta Cepat Whoosh dan LRT yang naik dan turun di Stasiun Halim. Jumlah tersebut meningkat menjadi 611.261 penumpang di November 2023.

Stasiun Halim berfungsi sebagai titik transit penting antara beberapa moda transportasi. KCIC mencatat peningkatan yang luar biasa tersebut mencerminkan meningkatnya minat masyarakat untuk menggunakan transportasi kereta api yang berkelanjutan dan efisien.

Pewarta: Benardy Ferdiansyah
Editor: Evi Ratnawati
Copyright © ANTARA 2023